DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT MARINA PERMATA TERHADAP PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:NINIK TRI HANDAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-06


ABSTRAK

 

Ninik Tri Handayani, D1B115028, 2020 “Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Marina Permata Terhadap Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Kabupaten Tanah Bumbu” dibawah bimbingan Jamaluddin selaku pembimbing I dan H.Saifudin pembimbing II.

            Tujuan yang ingin dicapai ialah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Marina Permata Terhadap Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini menggunakan penedekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Informan Penelitian adalah Pengelola Program Jaminan Sosial Kesehatan (Rumah Sakit Marina Permata),sataff pelayanan medis rumah sakit, dan masyarakat. Fokus penelitian menggunakan teori dari Zeithaml mengenai dimensi Penilaian Kualitas Pelayanan yaitu Tangibels, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Marina Permata Terhadap Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Kabupaten Tanah Bumbu dapat dikatakan cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari dimensi Tangibels setiap aspek yang ada sudah terpenuhi seperti tersedinya tempat parkir, ruang tunggu pasien, bagan alur pelayanan serta alat penunjang pelayanan. Reliability setiap aspek  yang ada telah memberikan pelayanan yang jelas sesuai dengan prosedur serta petugas mampu mengoperasikan alat bantu dengan baik. Responsiveness petugas telah melakukan segala aspek dengan baik serta menanggapi segala keluhan masyarakat khususnya peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dengan baik. Assurance ditemukan dalam aspek jaminan waktu dalam pelayanan masih kurang optimal karena masih saja saja ada perawat atau dokter yang datang tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak rumah sakit. Empathy  petugas dalam aspek melayani sikap ramah dan sopan santun masih saja ditemukan oknum petugas yang kurang ramah saat melayani masyarakat khusunya peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan saat  berurusan.

Kepada pihak Rumah Sakit Marina Permata hendaknya memberikan sanksi tegas seperti potong gaji kepada setiap petugas perawat maupun dokter yang datang 15 menit lebih lambat dari jadwal yang telah ditentukan, dan pengelola program Jaminan Kesehatan Nasional untuk lebih giat dalam mengadakan sosialisasi dalam bentuk pertemuan secara langsung terhadap masyarakat mengenai cara penggunaan kartu BPJS dan kebijakan baru mengenai kenaikan tarif iuran pada setiap golongan.  

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI