DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UTILIZATION OF EDUCATIONAL TRAVEL PACKAGES IN AMANAH BORNEO PARK AS A LEARNING RESOURCE OF SOCIAL STUDIES
PENGARANG:NOERKHALISHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-09


ABSTRAK

Noerkhalishah. 2020. Pemanfaatan Paket Wisata Edukasi di Amanah Borneo Park Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II: Melly Agustina Permata Sari, M.Pd.

Destinasi wisata merupakan lingkungan sosial budaya yang dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Satu diantara destinasi wisata yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS adalah Amanah Borneo Park. Destinasi wisata tersebut melakukan pengembangan konsep wisata khususnya di bidang edukasi. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan sejarah terbentuknya wisata edukasi di Amanah Borneo Park. 2) Mendeskripsikan aktivitas paket wisata edukasi Amanah Borneo Park. 3) Menganlisis implementasi paket wisata edukasi Amanah Borneo Park sebagai sumber pembelajaran IPS di MTsN 2 Kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan hasil penelitian untuk menggambarkan aktivitas paket wisata edukasi secara holistik. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan aktivitas paket wisata edukasi, wawancara dengan pengunjung, pengelola Amanah Borneo Park, akademisi seperti guru dan dokumentasi berupa rekaman dan gambar. Analisis data menggunakan reduksi data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian data dalam bentuk kata-kata yang dilengkapi tabel dan gambar, dan verifikasi data dengan menyimpulkan. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan pengamatan, dan member check.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa 1) Sejarah terbentuknya wisata edukasi di Amanah Borneo Park adalah sejak pembebasan lahan tahun 2006 di daerah Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan owner Amanah Group yaitu Bapak Imam Abror dan Ibu Sunarti mengelola tanah tersebut menjadi perkebunan. Tahun 2007-2013 mulai menggrap perkebunan dan tahun 2013-2016 ditambah dengan buah naga. Waktu itu sudah ada kunjungan dari beberapa sekolah yang ingin belajar mengenai tanaman. Tahun 2016 owner membuat taman pribadi, seiring pembangunan taman tersebut owner melihat minat masyarakat Kalimantan Selatan terhadap tempat wisata ternyata tinggi, maka dilakukan pembanguan lebih lanjut sehingga berdirilah Amanah Borneo Park yaitu destinasi wisata yang memiliki konsep rekreasi dan edukasi.2) Aktivitas paket edukasi Amanah Borneo Park adalah ice breaking, fun games, berkeliling kebun, praktek berkebun, mengunjungi goat ranch, ternak kalkun, penangkaran kelinci feeding fish, wisata petik buah dan sayur. 3) Implementasi paket wisata edukasi Amanah Borneo Park sebagai sumber pembelajaran IPS di MTsN 2 Kota Banjarmasin yaitu dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran IPS pada materi kelas VII yang dituangkan melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Peserta didik antusias mengikuti pembelajaran karena sumber belajar yang digunakan kontekstual, sehingga mereka bisa lebih mudah memahami materi yang diberikan guru.

Kata Kunci: Wisata Edukasi, Lingkungan, Sumber Pembelajaran IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI