DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL PERMAINAN MONOPOLI DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT BELAJAR PADA SISWA KELAS VII F DI SMP NEGERI 27 BANJARMASIN
PENGARANG:S UCIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-10


Kata Kunci : Modul, Permainan Monopoli, Daya Ingat.

Penelitian inibertujuanuntuk menghasilkan sebuah modul permainan monopoli yang bermanfaat untuk dijadikan panduan dalam pelaksanaan dalam meningkatkan daya ingat belajar pada siswa di SMP Negeri 27 Kota Banjarmasin, sehingga permainan lebih terarah dan mendapatkan hasil yang lebih efektif.Penelitian ini menggunakan pendekatanmix-methoddan jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development).Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F di SMPNegeri 27 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Kelas dipilih berdasarkan pertimbangan dan saran dari guru bimbingan dan konseling di sekolah. Pengembangan modul permainan monopoli dengan media bimbingan kelompok untuk meningkatkan daya ingat belajar pada siswa ini diuji coba pada kelasVII Fyang berjumlah 32peserta didik.Adapun tahapan penelitian meliputi tahap pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap uji coba.Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan peneliti, pengembangan modul permainan monopoli dengan layananbimbingan kelompok untuk meningkatkan daya ingat belajar pada siswa di SMPN 27 kota Banjarmasin mendapatkan hasil angket pre testdanpost testdengan uji-t berpasangan (paired sample-t test) yang meningkat untuk kedua aspek. Pada pre testpeserta didik kelas VII F mendapatkan nilai (mean)129,97, kemudian pada post testnilai (mean) peserta didik meningkat menjadi169.47Maka ditarik kesimpulan bahwa modul monopoli dengan layananbimbingan kelompok untuk meningkatkan daya ingat belajar pada siswa terbukti efektif dan dapat dikembangkan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI