DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI KINERJA SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL JL.BELITUNG - JL. CENDRAWASIH (BANJARMASIN)
PENGARANG:SAYED ABDULLAH ISKANDAR ALYDRUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-10


ABSTRAK

Simpang  pertemuan Jl.Belitung – Jl. Cendrawasihperlu dilakukan evaluasi dan perbaikan tingkat pelayanan agar dapat mengoptimasi kinerja simpang tersebut, dan simpang tersebut merupakan salah satu simpang tiga tak bersinyal dikota Banjarmasin. Simpang ini memiliki arus lalu lintas yang cukup besar dan dilewati berbagai jenis kendaraan bermotor maupun tak bermotor.

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan tingkat pelayanan persimpangan dan mengevaluasi simpang tersebut. Perhitungan analisis dan perencanaan dalam penelitian ini menggunakan metode MKJI 1997. Pengambilan data primer berupa survey lalu lintas, penelitian ini dilakukan pada saat kondisi jam sibuk.

Berdasarkan hasil analisis perhitungan kondisi eksisting didapatkan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,938, Peluang antrian 51,839 %dengan tundaan Simpang (D) sebesar 16,94det/smp, maka indeks tingkat pelayanan (ITP) termasuk dalam level “C”. Kinerja Jl.Belitung – Jl. Cendrawasihdapat diperbaiki tingkat pelayanannya dengan menerapkan permberlakuan jalan satu arah pada jalan minor . Nilai DS mengalami perbaikan menjadi 0,694 , Peluang antrian 29,575% dan tundaan menurun menjadi 7,8 det/smp atau nilai indeks tingkat pelayanan (ITP) simpang menjadi “B”.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI