DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Leverage dan Kinerja Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Intervening
PENGARANG:MUHAMMAD FATHONI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-10


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara leverage sebagai variabel independen terhadap kinerja perusahaan sebagai variabel dependen dengan ukuran perusahaan sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur non migas yang terdapat di Bursa Efek Indonesia.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur non migas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur(path analysis). Alat analisis menggunakan aplikasi SmartPLS dengan model evaluasi dapat dilakukan dengan menilai outer model dan inner model.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara rasio utang terhadap ROA sedangkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara rasio utang terhadap ROE. Rasio utang berpengaruh positif dan signifikan terhadap ukuran perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA dan tidak berpengaruh terhadap ROE. Ukuran perusahaan mampu memediasi secara penuh pengaruh antara rasio utang terhadap ROA.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI