DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII MTs TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PENGARANG:SITI RAMADHAH
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-09-29


Masalah yang sering ditemukan dalam proses pembelajaran matematika di kelas
adalah banyak siswa yang tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik karena
kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas bervariasi dan
terbatasnya waktu pembelajaran di kelas. Blended learning adalah solusi yang
tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut karena blended learning merupakan
pembelajaran yang mengintegrasikan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran
online sehingga pembelajaran berlangsung lebih efektif dan efisien. Schoology
merupakan media yang dapat digunakan untuk mendukung terjadinya blended
learning karena schoology telah siap pakai dan menyediakan fasilitas yang
mendukung blended learning. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang
bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa antara
siswa yang mengikuti blended learning menggunakan schoology dengan siswa
yang mengikuti pembelajaran konvensional, dan 2) mengetahui peningkatan hasil
belajar matematika siswa yang mengikuti blended learning menggunakan
schoology lebih baik daripada peningkatan hasil belajar siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen,
dengan populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 3 Al-Furqan
Banjarmasin. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling,
yaitu pengambilan sampel atas dasar pertimbangan guru matematika yang
mengajar dan ketersediaan guru pengajar dalam memberikan kesempatan
melakukan inovasi pembelajaran, sehingga diperoleh kelas VIII C sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen
pembelajaran dilakukan dengan blended learning menggunakan schoology,
sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang
digunakan adalah statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara
siswa yang mengikuti blended learning menggunakan schoology dengan siswa
yang mengikuti pembelajaran konvensional, dan peningkatan hasil belajar siswa
yang mengikuti blended learning menggunakan schoology lebih baik daripada
peningkatan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran
konvensional.
Kata kunci: Blended Learning, Schoology, hasil belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI