DIGITAL LIBRARY



JUDUL:BIOGRAFI RUDY RESNAWAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:SRI WAHYUNINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-11


 

ABSTRAK

 

 

 

Wahyuningsih, Sri. 2019. Biografi Rudy Resnawan Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M. Pd dan Pembimbing II: Mutiani, M.Pd.

 

 

 

Penelitian ini dilatar belakangi untuk memberikan referensi sumber belajar guna menciptakan inovasi pembelajaran. Dengan tujuan untuk menunjang pembelajaran yang aktif, terintegratif, berbasis nilai, powerfull, dan bermakna. Maka nilai Kepemimpinan dari Biografi Rudy Resnawandapat digunakan sebagai referensi sumber belajar dengan memanfatkan konten lokal. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yang pertama mendeskripsikan biografi Rudy Resnawan, bagaimana nilai kepemimpinan Rudy Resnawan, gaya kepemimpinan yang akan menghasilkan nilai yang dapat diteladani oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan biografi Rudy Resnawan mengkerucut kepada nilai kepemimpinan Beliau, Lalu dari nilai kepemimpinan tersebut dijadikan sebagai sumber belajar IPS.

 

Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan mendeskripsikan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data penyajian data, serta verifikasi data.  Perpanjangan pengamatan, member check, dan triangulasi digunakan dalam uji keabsahan data.

 

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Biografi Rudy Resnawan dalam penelitian ini dideskripsikan dimulai dari latar belakang kehidupan keluarga, Masa Kecil, Masa Pendidikan, dan Perjalanan Karir. 2) Nilai kepemimpinan Rudy Resnawan ketika menjabat sebagai Walikota Banjarbaru 2 periode, dan menjadi  Wakil Gubernur Kalimantan Selatan 2 periode ditemukan bahwa Beliau menggunakan gaya kepemimpinan Situasional yang melahirkan beberapa nilai yang dapat diteladani oleh peserta didik diantaranya: religius, cinta tanah air, komunikatif, disiplin,rendah hati, bertanggungjawab, dan inovatif. 3) Nilai Kepemimpinan Rudy Resnawan sebagai sumber belajar IPS didukung dengan kesesuaian KD, silabus, dan materi IPS di SMP, serta berhasil diimplementasikan dalam pembelajaran IPS di kelas VIII SMPN 6 Banjarmasin

 

Simpulan: Biografi Rudy Resnawan sebagai sumber belajar IPS relevan digunakan guru untuk memperkaya sumber belajar IPS guna menciptakan inovasi pembelajaran IPS yang lebih kontekstual dan menarik di kelas.

 

Kata Kunci: Biografi, Gaya Situasional, Nilai Kepemimpinan, dan Sumber Belajar IPS

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI