DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS DI BANK SAMPAH GEMILANG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGATKAN KESADARAN LINGKUNGAN
PENGARANG:HIDAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-11


Abstrak

Hidayanti. 2019. Aktivitas di Bank Sampah Gemilang sebagai Sumber Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kesadaran lingkungan. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, MA dan Pembimbing II: Mutiani, M.Pd.

Aktivitas penanganan sampah menggunakan prinsip 3R masih terkendala terutama kurangnya kesadaran masyarakat untuk memilah sampah.Merespon hal itu maka bank sampah menjadi solusi dalam penanganan sampah melalui partisipasi peran pengurus dan nasabah bank sampah memperlihatkan adanya kesadaran lingkungan yang ditunjukan melalui aktivitas di Bank Sampah Gemilang dan dapat diinternalisasikan sebagai sumber pembelajaran IPS. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan profil Bank Sampah Gemilang. 2) Menjelaskan peran pengurus dan nasabah Bank Sampah Gemilang dalam pengelolaan sampah untuk meningkatkan kesadaran lingkungan. 3) Menjelaskan relevansi aktivitas pengurus dan nasabah Bank Sampah Gemilang sebagai sumber belajar IPS untuk meningkatkan kesadaran lingkungan.

Pendekatan kualitatif digunakan pada penelitian ini dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi di lingkungan Bank Sampah Gemilang, wawancara dengan masyarakat, pemerintah, dan akademisi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data dari kelurahan dan data dari Bank Sampah Gemilang, penyajian data berupa tabel, gambar, dan deskripsi serta verifikasi data berupa penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian: 1) Bank Sampah Gemilang berdiri berdasarkan arahan dari Kelurahan Guntung Manggis untuk membangun bank sampah di setiap RT. Bangunan Bank Sampah Gemilang dibangun di atas tanah fasilitas umum RT.17  dan dibangun dari hasil iuran nasabah Bank Sampah Gemilang. Mendapat SK Kelurahan Guntung Manggis pada 31 Desember 2013. Rampung berdiri pada 20 Januari 2014 dan diresmikan oleh Walikota Banjarbaru pada 29 Januari 2014. 2) Peran Pengurus dan nasabah Bank Sampah Gemilang menunjukkan adanya kesadaran lingkungan dapat dilihat melalui aktivitas di Bank Sampah Gemilang karena adanya kesesuaian dengan indikator sadar lingkungan yaitu adanya pengetahuan, sikap yang konkret, dan perilaku yang konsisten. 3) Relevansi aktivitas di Bank Sampah Gemilang sebagai sumber pembelajaran IPS setelah melalui proses analisis yaitu dengan menginternalisasikan aktivitas 3R yang tercermin dari peran pengurus dan nasabah Bank Sampah Gemilang menunjukkan adanya aktivitas sadar lingkungan yang dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) digunakan pada materi pembelajaran sumber daya manusia dengan sub materi kualitas penduduk (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan) menggunakan gambar aktivitas 3R di Bank Sampah Gemilang diterapkan dalam pembelajaran di SMP Negeri 9 Banjarmasin kelas VII B.

Kata Kunci: Bank Sampah Gemilang, kesadaran lingkungan, dan sumber pembelajaran IPS.  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI