DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI KEPEMIMPINAN WALIKOTA BANJARBARU NADJMI ADHANI SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS
PENGARANG:WINARINDA AINUN JANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-11


 

ABSTRAK

 

Winarinda Ainun Janah. 2019. Nilai Kepemimpinan Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing: (II) Mutiani, M.Pd.

 

Satu diantara pendukung terciptanya kinerja secara signifikan merupakan peranan seorang pemimpin terkait cerita kehidupan seorang tokoh menggambarkan dari lahir sampai meninggal dunia, berupa peristiwa baik secara langsung dan tidak langsung. Eksistensi nilai kepemimpin walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani berkontribusi sebagai konten lokal untuk dimanfaatkan menjadi sumber pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini: 1) Menjelaskan biografi walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani. 2) Menjelaskan nilai kepemimpinan Nadjmi Adhani sebagai walikota Banjarbaru. 3) Menjelaskan kontribusi nilai kepemimpinan sebagai sumber pembelajaran IPS.

 

Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berbentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, bahan referensi,triangulasi, dan membercheck.

 

Hasil penelitian: 1) Biografi Nadjmi Adhani menceritakan kehidupan dari masa kelahiran, pendidikan hingga mencakup perjalanan realisasi kinerja hingga tercerminnya nilai kepemimpinan. 2) Nilai kepemimpinan yang muncul pada sosok Nadjmi Adhani yaitu religius, kerja keras, percaya diri, disiplin, komunikatif, inovatif, tanggung jawab. 3) Kontribusi nilai kepemimpinan sebagai sumber pembelajaran IPS dapat dilihat dari kompetensi dasar dengan kesesuaian materi serta telah di aplikasikan secara langsung pada proses pembelajaran IPS.

 

Simpulan dari penelitian ini adalah cerita kehidupan seorang pemimpin daerah Banjarbaru yaitu Nadjmi Adhani mencerminkan nilai kepemimpinan. Nilai kepemimpinan yang muncul yaitu religius, kerja keras, percaya diri, disiplin, komunikatif/bersahabat, inovatif dan tanggung jawab. Nilai tersebut berkontribusi sebagai sumber pembelajaran IPS, dapat dilihat dari kompetensi dasar dengan kesesuaian materi serta telah di aplikasikan secara langsung pada proses pembelajaran IPS di kelas VIII, SMPN 15 Banjarmasin.

 

 

 

Kata Kunci: Biografi, NilaiKepemimpinan, danSumberPembelajaranIPS

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI