DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN NILAI EKONOMIS AKTIVITAS PENGRAJIN PURUN KAMPUNG PURUN KELURAHAN PALAM KOTA BANJARBARU SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS
PENGARANG:JULIA ARMIYANTI LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-11


 

ABSTRAK

 

Julia Armiyanti Lestari. 2019. Nilai Ekonomis Aktivitas Pengrajin Purun Kampung Purun Kota Banjarbaru sebagai Sumber belajar IPS.Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II: Mutiani, M.Pd.     

 

                               

 

Aktivitas ekonomi adalah serangkaian usaha manusia dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk pemenuhan kebutuhan demi kelangsungan hidup. Berbagai aktivitas ekonomi mengandung nilai-nilai yang dianut dan tercermin dalam masyarakat termasuk nilai ekonomis. Nilai ekonomis dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini: 1) Menjelaskan aktivitas ekonomi  pengrajin purun “kampung purun” kelurahan Palam kota Banjarbaru. 2) Menjelaskan nilai ekonomis dalam aktivitas pengrajin purun "kampung purun" kelurahan Palam, kota Banjarbaru. 3) Menjelaskan pemanfaatan nilai ekonomis dalam aktivitas pengrajin purun “kampung purun sebagai sumber pembelajaran IPS.

 

Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan aktivitas pengrajin secara holistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan kondisi dan kegiatan kampung purun palam, wawancara dengan pengrajin, pejabat pemerintah seperti walikota, kepala desa dan kantor pariwisata, akademisi seperti guru dan dosen serta dokumentasi dalam bentuk gambar dan rekaman. Analisis data menggunakan Miles Huberman yaitu reduksi data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian data dalam bentuk kata-kata dan dilengkapi dengan gambar dan tabel, dan verifikasi data dalam bentuk penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, member check, dan triangulasi.

 

Hasil penelitian: 1) Aktivitas pengrajin purun merupakan kegiatan mengolah, mengubah, mengkreasi tanaman purun yang tersedia bebas menjadi produk yang bervariasi dan bernilai guna yang selanjutnya didistribusikan melalui saluran, media dan aktivitas yang berfungsi agar tersampaikannya barang kepada konsumen 2) Nilai ekonomi dari kegiatan pengrajin purun dapat dilihat dalam tiga kategori bentuk, yaitu aspek sosial, aspek kuantitas dan aspek lingkungan. 3) Pemanfaatan nilai ekonomi kegiatan pengrajin purun sebagai sumber pembelajaran IPS dapat dilihat dari kompetensi dasar dan kesesuaiannya dengan materi dan diimplementasikan dalam pembelajaran.

 

Simpulan dari penelitian ini adalah aktivitas pengrajin purun yang meliputi produksi dan distribusi anyaman mengandung nilai ekonomis yang terdiri dari aspek sosial (kebersamaan) sebagai nilai guna tidak langsung, aspek kuantitas (harga, untung/rugi) sebagai nilai guna langsung dan aspek lingkungan terkait nilai non guna yaitu nilai keberadaaan dan pewarisan dalam bentuk pemanfaatan potensi sumber daya alam. Nilai dari aktivitas pengrajin dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran IPS yang dituangkan dalam  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta diimplementasikan dalam pembelajaran IPS materi kelas VII kegiatan ekonomi di kelas VIIE SMPN 7 Banjarmasin.

 

 

 

Kata kunci: Aktivitas ekonomi, nilai ekonomis, sumber pembelajaran IPS

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI