DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:FIFI OLANI ANGG PATRISIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-11


ABSTRAK

 

Patrisia, Fifi Olani Anggraini, 2019. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Wahyu, (II) Sarbaini.

 

Kata kunci : Pemanfaatan internet, Sumber Belajar, Mahasiswa.

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaannya bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mahasiswa PPKn FKIP di Universitas Lambung Mangkurat dan Faktor  yang mendukung mahasiswa PPKn FKIP di Universitas Lambung Mangkurat  memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini data reduksi data, penyajian data dan conclision drawing/verification.

Hasil penelitian menunjukan bahwamahasiswa telah memanfaatkan internet untuk mencari sumber belajar  karena dengan internet dapat membantu mahasiswa dalam mencari informasi yang luas dan dan lebih lengkap tanpa harus keperpustakkan lagi mencari buku-buku dan memudahkan mahasiswa untuk mencari tugas mata kuliah.Faktor pendukung memanfaatkan internet sebagai sumber belajar mahasiswa,mahasiswa dapat memanfaatkan wifi yang sudah disediakan oleh kampus dengan gratis untuk mahasiswa, kendalanya sarana wifi yang disediakan kampus kurang memadai dan sangat lambat untuk diakses karena fasilitas dan jangkauan yang terbatas, mahasiswa cenderung lebih memilih menggunakan data seluler handphone dalam meakses internet.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada Prodi PPKn FKIP ULM Banjarmasin agar pihak Prodi menambah jaringan wifi khusus untuk mahasiswa Prodi PPKn sehingga mahasiswa Prodi PPKn lebih mudah dalam meakses internet . 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI