DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Keterampilan Dasar Siswa Menghadapi Dunia Kerja Melalui Praktek Kerja Industri (Penelitian Pada Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 3 Banjarmasin)
PENGARANG:NOR AMALINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-12


ABSTRAK

 

Nor Amalina, 2020. Keterampilan Dasar Siswa Menghadapi Dunia Kerja Melalui Praktek Kerja Industri (Penelitian Pada Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 3 Banjarmasin). Tesis, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pasca Sarjana Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing (I), Prof. Dr. Dwi Atmono, M. Pd, M.Si, Pembimbing (2), Dr. Hj. Sri Setiti, MM.

 

Kata Kunci: Keterampilan Dasar, Menghadapi Dunia Kerja, Praktek Kerja Industri, Program Keahliam Akuntansi SMK Negeri 3 Banjarmasin.

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran, media dan kurikulum program keahlian Akuntansi SMK Negeri 3 Banjarmasin, mendeskripsikan pembekalan yang diberikan oleh sekolah sebelum siswa program keahlian Akuntansi melaksanakan prakerin dan mendeskripsikan pengalaman yang diperoleh siswa program keahlian Akuntansi SMK Negeri 3 Banjarmasin dari pelaksanaan prakerin di instansi yang terkait.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik  pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Sumber data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan informan yaitu guru produktif Akuntansi, wakil kepala bagian hubungan masyarakat, wakil kepala bagian kurikulum, pegawai tata usaha dan siswa program keahlian akuntansi SMK Negeri 3 Banjarmasin. Data diperoleh pula dari hasil studi dokumen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMKN 3 Banjarmasin dalam kegiatan belajar mengajar mengembangkan kurikulum berbasis KTSP, serta melaksanakan kegiatan prakerin selama tiga bulan selama siswa berada di semester ketiga dan keempat, dan menggunakan media belajar online sebagai penunjang pembelajaran selama siswa berada di dunia usaha dunia industri. Adapun pembekalan yang dilakukan pihak sekolah ketika anak akan melaksanakan magang diberikan oleh guru produktif, BK. kaprodi, wakasek, hingga kepsek terkait hal dan kesiapan siswa terkait akan pelaksanaan magang. Prakerin memberikan pengalaman dan gambaran tersendi bagi siswa terkait dunia usaha dan dunia industri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI