DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Usaha terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Pembiayaan yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
PENGARANG:NIKITA KHARISMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-12


Nikita Kharisma (2020). Analisis Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Usaha Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Pembiayaan yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pembimbing: Drs, Nurdin, MM, Ak, CA

            Penelitian ini dilakukan untuk (1) meneliti dan menganalisis apakah perputaran kas memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan; (2) untuk meneliti dan menganalisis apakah perputaran piutang usaha memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan.

            Populasi dan sampel penelitian berjumlah 15 perusahaan pembiayaan go public yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2015 – 2018 (metode pengamatan selama 4 tahun, sehingga total sampel menjadi 60) menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan analisa data menggunakan metode kuantitatif. Pengujian menggunakan uji koefisien koefisien determinasi, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas), dan pengujian hipotesis (uji t dan uji f).

            Hasil penelitian ini membuktikan bahwa berdasarkan pengujian t (parsial) perputaran kas tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas perusahaan pembiayaan, artinya pihak internal dalam perusahaan pembiayaan kurang efektif dalam mengelola kas yang dimiliki. Temuan lain dalam penelitian ini membuktikan bahwa berdasarkan pengujian t (parsial) perputaran piutang usaha mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas perusahaan pembiayaan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik perusahaan mengelola piutangnya dengan efektif dan efisien maka akan meningkatkan profitabilitas perusahaan tersebut. Temuan lain dalam penelitian ini membuktikan bahwa berdasarkan pengujian secara simultan perputaran kas dan perputaran piutang usaha berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan pembiayaan. Hal ini menunjukkan bahwa jika pengelolaan kas dan piutang usaha (piutang pembiayaan) secara bersama-sama dikelola dengan baik oleh pihak perusahaan, maka kemungkinan laba (profitabilitas) yang didapatkan perusahaan terus mengalami peningkatan pada tahun-tahun yang akan datang.

Kata Kunci: Perputaran Kas, Perputaran Piutang Usaha, Profitabilitas (ROA)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI