DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KEYBOARD AUDIO BRAILLE (KEBAB) DALAM MENGENAL ABJAD BRAILLE BAGI ANAK TUNANETRA
PENGARANG:SHINTA PUSPITASARI
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-01-29


Kata Kunci: Media Pembelajaran, Keyboard Audio Braille (KEBAB), Tunanetra,
Abjad Braille
Pengembangan media pembelajaran
Keyboard Audio Braille (KEBAB)
ini dikembangkan berdasarkan permasalahan yang ada di SLB A Fajar Harapan
Martapura yaitu masih menggunakan media pembelajaran konvensional (Pantule)
dalam mengenal Braille. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan
media pembelajaran
Keyboard Audio Braille (KEBAB) dalam mengenal abjad
Braille bagi anak Tunanetra.
Penelitian ini bersifat
Research and Development (R&D) menggunakan
model penelitian Borg & Gall dengan dilakukan pembatasan pada langkah
penelitian. Tahap pengembangan produk meliputi 1) Tahap Pengumpulan Data, 2)
Tahap Perencanaan, 3) Tahap Pengembangan
Draft Produk dan 4) Tahap Validasi
Desain dan Uji Coba Produk Terbatas. Tahap pengumpulan data diperoleh dari
studi pustaka dan studi lapangan. Tahap perencanaan membuat desain produk dan
mencari
link kerjasama untuk pengembangan produk. Tahap pengembangan
adalah proses realisasi produk. Adapun validasi media pembelajaran dilakukan
dua tahap dengan melibatkan dua ahli materi dan ahli media dari Dosen pada
tahap pertama, tahap kedua satu ahli materi dan satu ahli media dari Guru.
Ujicoba penggunaan kelompok kecil pada siswa SMP di SLB A Fajar Harapan
Martapura sejumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan instrumen kuesioner (angket).
Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran
Keyboard Audio Braille
(KEBAB) dalam mengenal abjad Braille bagi anak Tunanetra. Spesifikasi media
pembelajaran ini yaitu
output berupa audio (suara) abjad Braille a-z beserta letak
titiknya ketika tombol ditekan, dan terdapat tonjolan pola abjad Braille pada
tombol a-z. Tampilan susunan abjad pada media dibagi menjadi tiga baris yaitu 1)
a sampai j, 2) k sampai t dan 3) u sampai z. Hasil validasi media pembelajaran
oleh ahli materi sebesar 95,64% kategori sangat layak. Validasi oleh ahli media
sebesar 92,41% kategori sangat layak. Sedangkan uji penggunaan media
kelompok kecil pada siswa mendapat hasil sebesar 96,52% dengan kategori sangat
layak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI