DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kajian Koreografi Tari Sukma Sari di Sanggar Matahari Kabupaten Banjar
PENGARANG:SAIDATUL IQROMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-13


Iqromah, Saidatul. 2019. Kajian Koreografi Tari Sukma Sari di Sanggar Matahari Kabupaten Banjar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sendratasik, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Edlin Yanuar Nugraheni, M.Sn, pembimbing (II) Muhammad Najamudin, M.Pd.

Kata Kunci: Koreografi, Tari Sukma Sari

Penelitian ini meneliti tentang kajian koreografi pada tari Sukma Sari di Sanggar Matahari Kabupaten Banjar. Tari Sukma Sari merupakan tari kreasi yang menceritakan tentang semangat jiwa patriotisme pahlawan wanita yang berasal dari tanah Banjar yaitu Gunung Pamaton dalam berperang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah tari Sukma Sari. Penelitian ini di fokuskan pada koreografi tari Sukma Sari meliputi aspek dan elemen koreografi berdasarkan koreografi garap kelompok. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi, keabsahan data diperoleh dari reduksi data, penyajian data, dan penyusunan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah, tari Sukma Sari merupakan gambaran perjuangan para pejuang wanita dalam peperangan di tanah Banjar. Tari Sukma Sari merupakan tari garapan baru yang dikaji berdasarkan koreografi garap kelompok. Koreografi tari Sukma Sari berpijak pada gerak Banjar seperti jejapinan dan klasik. Tari ini diharapkan dapat di apresiasi oleh masyarakat luas agar menumbuhkan rasa cinta terhadap kesenian daerah di bidang seni tari dan dapat di jadikan referensi dalam membuat sebuah tarian garapan baru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI