DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM DALAM PENDISTRIBUSIAN AIR BERSIH KECAMATAN DAHA SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:MARHUMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-16


Marhumah, D1B115017, 2020, Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum dalam Pendistribusian Air Bersih Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Dibawah Bimbingan Abdurrahman selaku Pembimbing I dan H. Saifudin Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum dalam Pendistribusian Air Bersih Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan pedekatan penelitian kualitatif deskriptif dan informan penelitian adalah Kepala Perusahaan Daerah Air Minum sebagai informan utama dan petugas Perusahaan Daerah Air Minum sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan analisis data dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian penelitian ini terdiri dari dimensi tangibel (Bukti Nyata), reliability (Kehandalan), responsiviness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan) dan Empathy (Empati).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kualitas pelayanan ada lima dimensi yaitu tangibel (bukti fisik) pelayanan yang diberikan belum memuaskan perlu ditambah satu buah tempat duduk dan komputer. Dimensi reliability (kehandalan)pelayanan yang diberikan petugas belum memuaskan segi standar dalam pelayanan pada kepastian waktu dan informasi distribusi air masih kurang dan keahlian/ kemampuan menggunakan alat bantu dalam pelayanan masih kurang karena masih ada petugas yang tidak bisa menggunakan komputer. Responsiviness (ketanggapan) pelayanan yang diberikan sudah cukup memuaskan yang mana petugas merespon setiap pelanggan tetapi dari pelayanan dengan cepat/tepat dan pelayanan dengan waktu yang tepat belum memuaskan pelanggan. Dimensi assurance (jaminan) dari pelayanan yang diberikan belum memuaskan karena petugas tidak dapat memberikan jaminan tepat waktu pada pelayanan. Dan dimensi empathy (empati) pada pelayanan cukup memuaskan yang mana petugas memberikan pelayanan dengan sikap ramah, sopan santun, mendahulukan kepentingan dan tidak membeda-bedakan pelanggan.

Kepada petugas perusahaan daerah air minum perlu ditambah satu buah lagi tempat duduk dan alat bantu berupa satu komputer lagi pada proses pelayanan administrasi, semua petugas perlu dilatih lagi menggunakan komputer terutama pada penggunaan internet, microsoft word dan excel. pada proses pelayanan dan perlu diterapkan jaminan tepat waktu pada pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pelanggan PDAM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI