DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGEMBANGAM MODUL POKOK BAHASAN ELASTISITAS ZAT PADAT DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA | |
PENGARANG | : | MENA YANI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-03-17 |
ABSTRAK
Belum adanya modul fisika yang melatihkan keterampilan berpikir kritis
melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Tujuan umum penelitian ini adalah
menghasilkan modul materi elastisitas zat padat dengan model inkuiri terbimbing
untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang layak, ditinjau
dari aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas modul. Penelitian ini adalah
penelitian pengembangan dengan model Dick and Carrey. Subjek uji coba
penelitian adalah kelas XI IPA 2 sebanyak 31 peserta didik di SMA Negeri 6
Banjarmasin. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi modul, lembar
keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas modul memperoleh skor 3,7 yang
berkategori sangat valid, 2) kepraktisan modul berdasarkan lembar keterlaksanaan
rencana pelaksanaan pembelajaran memperoleh skor 3,5 yang berkategori sangat
praktis, 3) efektivitas modul berdasarkan tes hasil belajar memperoleh skor n-gain
0,66 yang mana keterampilan berpikir kritisnya berkategori sedang. Diperoleh
simpulan bahwa modul elastisitas zat padat dengan model inkuiri terbimbing layak
untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di tingkat SMA.
Kata kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis, modul.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI