DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAM MODUL POKOK BAHASAN ELASTISITAS ZAT PADAT DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA
PENGARANG:MENA YANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-17


ABSTRAK

Belum adanya modul fisika yang melatihkan keterampilan berpikir kritis 

melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Tujuan umum penelitian ini adalah 

menghasilkan modul materi elastisitas zat padat dengan model inkuiri terbimbing 

untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang layak, ditinjau 

dari aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas modul. Penelitian ini adalah 

penelitian pengembangan dengan model Dick and Carrey. Subjek uji coba 

penelitian adalah kelas XI IPA 2 sebanyak 31 peserta didik di SMA Negeri 6 

Banjarmasin. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi modul, lembar 

keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar. Hasil 

penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas modul memperoleh skor 3,7 yang 

berkategori sangat valid, 2) kepraktisan modul berdasarkan lembar keterlaksanaan 

rencana pelaksanaan pembelajaran memperoleh skor 3,5 yang berkategori sangat 

praktis, 3) efektivitas modul berdasarkan tes hasil belajar memperoleh skor n-gain 

0,66 yang mana keterampilan berpikir kritisnya berkategori sedang. Diperoleh 

simpulan bahwa modul elastisitas zat padat dengan model inkuiri terbimbing layak 

untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di tingkat SMA.

Kata kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis, modul.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI