DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN KOMIK WEBTOON SISWA KELAS IX-D MTSN 2 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:AINUN PURNAMA LAILI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-17


Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang dianggap sulit oleh siswa, contohnya menulis cerpen. Membaca memiliki banyak manfaat bagi penulis ketika membuat sebuah karangan. Oleh karena itu, pada penelitian ini digunakan model tulisan berupa Komik Webtoon untuk menulis cerpen.

Tujuan penelitian ini, mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen berdasarkan Komik Webtoon siswa kelas IX-D MTsN 2 Kota Banjarmasin berdasarkan aspek kebahasaan dan aspek kesastraan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data utama dalam penelitian ini ialah lembar kerja hasil tulisan siswa dalam menulis cerpen berdasarkan Komik Webtoon. Sumber data penelitian ini ialah siswa kelas IX-D MTsN 2 Kota Banjarmasin yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan uji keterampilan.

Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa siswa baik dalam membuat cerpen berdasarkan tema dan amanat yang terdapat dalam Komik Webtoon yang dibaca. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan dari aspek kebahasaan berupa penggunaan ejaan dan aspek kesastraan berupa tokoh dan penokohan, latar, alur, dan sudut pandang. Dari 32 siswa, ada 21 siswa (65,63%) yang termasuk dalam kategori baik, ada 10 siswa (31,25%) yang termasuk dalam kategori cukup baik, dan ada 1 siswa (3,12%) yang termasuk dalam kategori kurang baik. Berdasarkan data tersebut, keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX-D MTsN 2 Kota Banjarmasin dikategorikan baik (terampil), dengan persentase 65,63%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI