DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS FUNGSI TERMINAL REGIONAL TIPE A KM.17 GAMBUT BARAKAT DI KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MUHDA ISNANDAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-17


MUHDA ISNANDAR, DIBI15026, 2019, Efektivitas Fungsi Terminal Regional Tipe A KM.17 Gambut Barakat Di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, Dosen Pembimbing I: Budi Suryadi, Dosen Pembimbing II: Husein Abdurrahman.

            Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan kota yang semakin pesat, maka aktifitas kegiatan manusia semakin beragam dan meningkat. Terminal dapat dianggap sebagai alat pemproses, dimana suatu urutan kegiatan tertentu harus dilakukan untuk memungkinkan suatu lalu lintas diproses penuh agar dapat meneruskan perjalanan.

            Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas terminal tipe A Km.17 Gambut barakat serta upaya pemerintah dalam menangani masalah yang terjadi. Penelitian ini memakai ukuran efektivitas yang dikemukakan oleh Duncan, yaitu : Pencapaian tujuan, Integrasi, dan Adaptasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kota banjarmasin sebagai mana letak wilayah Balai Pengelola Transportasi darat Wilayah XV sedangkan objek penelitian yaitu Terminal Km.17 Gambut Barakat berada di Kabupaten Banjar. Informan kunci ditetapkan sebagai objek informasi dengan  tujuan untuk mencapai data yang diperlukan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan membangun sebuah terminal Tipe A yang terletak di Km.17 Kecamatan Gambut dengan nama Terminal Gambut Barakat. Namun terminal belum efektif hal ini dapat dilihat berdasarkan konsep Efektivitas, yaitu : Pencapaian tujuan dapat dilihat dari lokasi terminal terlalu jauh dari pemukiman masyarakat sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya terminal tersebut. Integrasi dimana dapat dilihat dari adanya sopir angkutan umum yang menolak untuk dipindahkan karena kurangnya sosialisasi dan informasi yang diberikan. Adaptasi dapat dilihat dari kurangnya Bus Rapid Transit (BRT) dimana dalam penyesuaian operasional harus melengkapi kekurangan yang ada untuk keberlangsungan uji coba operasional yang dilaksanakan. Pemerintah sudah berupaya mengatasi masalah pada beberapa maslah tersebut agar Terminal Gambut barakat segera dioperasikan.

 

Kata Kunci : Efektivitas, Fungsi, Pelayanan Publik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI