DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS VEGETASI DI BAWAH TEGAKAN KARET (Hevea brasiliensis) DAN MANFAATNYA PADA KHDTK ULM MANDIANGIN KECAMATAN KARANG INTAN
PENGARANG:NURHIDAYATI FAHRINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-17


NURHIDAYATI FAHRINA. “Analisis Vegetasi di Bawah Tegakan Karet (Hevea brasiliensis) dan Manfaatnya pada KHDTK ULM Mandiangin Kecamatan Karang Intan” yang dibimbing oleh Ir. H. Gt. Syeransyah Rudy, M.P. dan Ir. H. Seta Budi Peran, MP. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis komposisi, struktur, keanekaragaman jenis dan manfaat tumbuhan bawah yang terdapat di bawah tegakan karet pada KHDTK ULM Mandiangin. Metode yang digunakan adalah jalur berpetak, jalur yang dibuat sebanyak dua jalur dengan luas jalur 5x50 meter dan jarak antar jalur sejauh 50 meter. Petak yang dibuat keseluruhan berjumlah 40 petak meliputi 20 petak tingkat semai berukuran 2x2 meter dan 20 petak tingkat pancang berukuran 5x5 meter. Penentuan letak petak pengamatan dilakukan secara purposive sampling yaitu penentuan titik secara sengaja.

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 52 jenis tumbuhan bawah, ditemukan 32 jenis tumbuhan pada tingkat semai dan 44 jenis tumbuhan pada tingkat pancang. Jenis yang memiliki INP tertinggi tingkat semai adalah jenis Pakis hutan yaitu 25,497%. Sedangkan jenis yang memiliki INP tertinggi tingkat pancang adalah jenis Mahang yaitu 23,388%. Indeks keanekaragaman jenis tingkat semai masuk kategori tinggi karena H’>3 yaitu 3,035. Indeks keanekaragaman pada tingkat pancang juga masuk kategori tinggi karena H’>3 yaitu 3,365. Tumbuhan yang ditemukan di lokasi penelitian mempunyai beberapa manfaat, 30 jenis mempunyai khasiat obat dan 22 jenis untuk bahan bangunan, kayu bakar juga bahan makanan.

Kata kunci: analisis vegetasi, komposisi, struktur, INP, keanekaragaman jenis, manfaat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI