DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016 – 2018)
PENGARANG:HAZAIRIN AHYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-18


ABSTRAKSI

 

Hazairin Ahyadi (2019) Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2016-2018). Pembimbing: Wahyudin Nor, SE, M.Si, Ak, CA   

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme Good Corporate Governance (GCG) terhadap profitabilitas perusahaan. Mekanisme GCG diproksikan dengan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dewan komisaris independen, dewan direksi, dan komite audit. Profitabilitas perusahaan diukur dengan Return On Asset (ROA).

 

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018. Teknik pemilihan sampel yaitu dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan, diperoleh 22 perusahaan yang dijadikan sampel penelitian. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan keuangan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel kepemilikan institusional, kepemilikan manajeria, dewan komisaris independen, dewan direksi, dan komite audit berpengaruh signifikan terhadap ROA. Secara parsial, kepemilikan institusional dan komite audit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA. Dewan direksi berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. Sedangkan proksi mekanisme GCG yang lain, yaitu Kepemilikan manajerial dan dewan komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA.

 

Kata kunci: Mekanisme GCG, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dewan komisaris independen, dewan direksi, komite audit, ROA

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI