DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH INFLASI, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEBUTUHAN HIDUP LAYAK TERHADAP UPAH MINIMUM PROVINSI (UMP) DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:SAYYIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-18


Sayyidah (2020). Pengaruh Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi dan Kebutuhan Hidup Layak Terhadap Upah Minimum Provinsi (UMP) di Provinsi Kalimantan Selatan. Pembimbing: Drs. Muhammad Effendi, MS

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh inflasi, pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan hidup layak secara bersama (Simultan) berpengaruh terhadap Upah Minimum Provinsi di Kalimantan Selatan; (2) mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi Upah Minimum Provinsi di Provinsi Kalimantan Selatan.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sedangkan lokasi penelitian ini adalah Provinsi Kalimantan Selatan, dan objek penelitian ini yaitu data inflasi, pertumbuhan ekonomi, kebutuhan hidup layak dan Upah Minimum provinsi di Provinsi Kalimantan Selatan selama tahun 2004-2018. Data yang sudah diperoleh kemudian di olah menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Eviews versi 10.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  (1) inflasi, pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan hidup layak secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Upah Minimum Provinsi di Provinsi Kalimantan Selatan selama tahun 2004-2018,  (2) Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kebutuhan hidup layak  merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi Upah Minimum Provinsi di Provinsi Kalimantan Selatan selama tahun 2004-2018.

 

Kata Kunci  :  Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, Kebutuhan Hidup Layak dan Upah Minimum Provinsi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI