DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DALAM PERKULIAHAN ZOOLOGI INVERTEBRATA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
PENGARANG:BIMO AJI NUGROHO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-19


Bimo Aji Nugroho, 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dalam Perkuliahan Zoologi Invertebrata untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Ir. H. M. Arief Soendjoto, M.Sc.dan (II) Prof. Dr. H. Muhammad Zaini, M.Pd

Kata Kunci: Gastropoda, Keterampilan Berpikir Kritis, Media Android, Pengembangan.

Keterampilan berpikir kritis adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang individu, agar mampu menemukan solusi permasalahannya sendiri. Zoologi invertebrata merupakan mata kuliah wajib di FKIP Biologi Universitas Lambung Mangkurat, dimana salah satu mata kuliah mempelajari zoologi invertebrata keterampilan berpikir kritisnya masih rendah, maka perlu media pembelajaran pengayaan yang inovatif dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran android keanekaragaman gastropoda. Metode penelitian ini menggunakan Plomp dan Nieveen yang dibatasi pada tahap prototyping phase, evaluasi formatif berdasarkan Tessmer yang terdiri dari evaluasi diri, pendapat ahli, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang ahli dan 30 orang mahasiswa FKIP Biologi ULM yang telah memprogram mata kuliah Zoologi Invertebrata untuk uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan: (1) validasi media android sebesar 91,1% hal ini menunjukan media layak untuk digunakan, (2) uji perorangan sebesar 95,8 % menyatakan setuju, (3) kepraktisan sebesar 92,8% hal ini memunjukan kemudahan dalam proses pembelajaran (4) keterlaksanaan penggunaan media android sebesar 91,8 % hal ini menunjukan media andoid dapat diterima oleh mahasiswa, (5) keefektifan sebesar 88,2% hal ini menunjukan media android berdampak dalam proses pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan rata-rata nilai N-Gain 0,8 yang dikategorikan tinggi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI