DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBERDAYAAN PEDAGANG KELILING MELALUI PROGRAM LAZIMU BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD DONG
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-20


ABSTRAK

MuhammadDong, 2018. Pemberdayaan Pedagang Keliling Melalui Program Lazismu Banjarbaru. Tesis, Program Studi Magister Sains Administrasi Pembangunan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I, Dr. Mukhtar Sarman, M.Si, Pembimbing II, Dr. Acep Supriadi, M.Pd., MAP.

 

Kata Kunci:Pemberdayaan, Pedagang keliling, Lazismu

 

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui proses  pemberdayaan yang dilakukan  LAZISMU terhadap pedagang pempek dan gorengan keliling yang merupakan binaan LAZISMU.

Penelitian ini termasuk dalam tipe penelitian dekskriptif kualitatif. Alat analisis dalam penelitian ini adalah biografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: wawancara, observasi dan verifikasi. Penelitian ini menggunakan analisis studi kasus dalam menganalisis data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses  pemberdayaan yang dilakukan  Lazismu terhadap penjual yang merupakan mitra binaan dimulai dengan tahapan penyeleksian proposal permohonan menjadi binaan yang masuk ke Lazismu, setelah melalui tahapan seleksi, selanjutnya pihak Lazismu mengadakan survey atau kunjungan kepada binaan untuk memverifikasi usaha yang dijalankan oleh binaan Lazismu, tahapan selanjutnya adalah pihak Lazismu akan melakukan analisis terhadap kebutuhan pinjaman modal dari binaan Lazismu dan setelah itu baru pihak Lazismu akan memberikan pinjaman modal kepada binaan. Sebagai tindak lanjut dari program pemberdayaan tersebut, setelah memberikan bantuan modal, maka pihak Lazismu juga mewajibkan binaan untuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Lazismu, mulai dari pelatihan keuangan, pelatihan pemasaran, hingga pelatihan produksi makanan yang sehat. Setiap bulan pihak Lazismu juga mengadakan pendampingan dan kunjungan kepada binaan untuk mengetahui perkembangan dari usaha binaan sampai usaha tersebut benar-benar mandiri

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI