DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATANKETERAMPILAN MENULIS PENGUMUMAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI PINANG BARU 1 KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NORLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-20


Norliani. 2019. “Peningkatkan Keterampilan Menulis Pengumuman Melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dikombinasikan Model Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Pinang Baru 1” Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Pembimbing ibu Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd

 

Kata Kunci :Keterampilan Menulis Pengumuman. ModelCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

 

Permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Sungai Pinang baru 1 Kecamatan Sungai Tabuk adalah penggunaan strategi dalam pembelajaran masih kurang tepat. Hal ini,dilihat dari hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Bahasa Indonesiakelas IV pada materi menulis Pengumuman menunjukkan hasil masih rendah yaitu pada tahun 2017/2018 dari 30 orang siswa hanya 20% yang dapat mencapai KKM, sedangkanKKM yang ditetapkan sekolah adalah 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswadan hasil belajar siswa pada materi menulis Pengumuman di kelas IV SDN Sungai Pinang Baru 1 Kecamatan Sungai Tabuk.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setting penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sungai Pinang Baru 1, tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 15 orang yaitu terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis, sedangkan data kualitatif yang diperoleh melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai kualifikasi sangat baik.  Aktivitas siswa meningkat dengan kategori sangat aktif. Sedangkan pada hasil belajar meningkat pada siklus II 80% dinyatakan tuntas, 20% dinyatakan tidak tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)kombinasi dengan Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas guru sehingga berpengaruh pada meningkatnya aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi menulis Pengumuman. Disarankan kepada guru bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) kombinasiNumbered Heads Together (NHT) bisa dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI