DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Administrasi Umum Kepada Masyarakat di Desa Pantai Hambawang Timur Kecamatan Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah
PENGARANG:RENI NOOR ASTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-24


ABSTRAK

            RENI NOOR ASTINA, D1B115229, 2019. “ Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Administrasi Umum Kepada Masyarakat di Desa Pantai Hambawang Timur Kecamatan Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah ”. Dibimbing oleh Husein Abdurrahman selaku pembimbing I dan Suriansyah Umar selaku pembimbing ke II.

            Pelayanan administrasi umum kepada masyarakat merupakan tanggung jawab dan harus dilaksanakan oleh instansi pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pemerintah desa Pantai Hambawang Timur dalam pelayanan administrasi umum kepada masyarakat sesuai dengan kewenangannya.

            Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data berupa pedoman wawancara untuk data primer dan dokumen serta arsip untuk data sekunder.Penentuan informan menggunakan snowball sampling.Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga macam aktivitas dalam analisis data kualitatif, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pemerintah desa dalam pelayanan administrasi umum kepada masyarakat di desa Pantai Hambawang Timur kurang baik dilihat dari produktivitas berdasarkan efisiensi dan efektifitas dari kinerja yang dihasilkan aparat tidak mampu memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat dan juga dilihat dari kualitas layanan adalah tidak adanya kepastian waktu yang diberikan oleh aparat desa serta dari segi personal/individu masih sangat kurang meliputi keterampilan, kemampuan, keahlian dan kedisiplinan dari aparatur desa.

            Saran yang diberikan oleh peneliti yaitu terhadap kepala desa Pantai Hambawang Timur agar lebih tegas lagi dalam menjalankan tugasnya memberikan perintah yang tegas kepada aparat supaya mereka lebih disiplin waktu. Terhadap aparatur desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar mematuhi jam kerja yang telah ditetapkan dan perlu adanya peningkatan pelayanan secara khusus terutama untuk aspek pelayanan administrasi umum seperti pembuatan surat-menyurat berupa tugas dan ketepatan waktu untuk meningkatkan kemampuan aparat desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

 

Kata Kunci : Kinerja, Pelayanan, Administrasi Umum, Pemerintah Desa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI