DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbicara Dan Penguasaan Kata Menggunakan Model (SAVI) Di Kombinasikan Dengan Teknik Story Telling Dan Talking Stick, Picture And Picture Pada Kelompok B Tk Kristen Kanaan
PENGARANG:ANEKHE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-04-01


Pendidikan sebagai suatu proses pengalaman, karena kehidupan adalah pertumbuhan, pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin tanpa dibatasi usia. Proses pertumbuhan ialah proses penyesuaian pada tiap-tiap fase serta menambahkan kecakapan .

            Secara umum penelitian ini bertujuan mengetahui mendrinsikan Teknik Story Telling dalam anak melalui permasalahan kemampuan berbicara dan pengeasaan kosa kata yang biasa terjadi pada anak usia Taman Kanak-kanak dan upaya guru dalam membantu meningkatkan kemampuan berbicara dan penguasaan kosa kata.

            Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas atau yang disebut dengan classroom action research adalah metode yang bertujuan melakukan tindakan perbaikan, peningkatan, dan juga melakukan suatu perubahan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya sebagai upaya pemecahan masalah yang  dihadapi, terutama yang ditujukan pada kegiatan pembelajaran atau proses belajar mengajar di kelas.

Hasil penelitian ini adalah dalam pengenalan aspek bahasa (melanjutkan cerita sederhana) dengan jumlah 20 anak yaitu 2 (dua) anak yang mendapat kategori Berkembang Sangat Baik  dengan persentase 12,5%, 4 (empat) anak mendapat kategori Mulai Berkembang dengan persentase 25% dan 14 (empat belas) anak mendapat kategori Belum Berkembang dengan persentase 87,5% dalam aspek perkembangan bahasa (melanjutkan caritas ederhana).

            Kesimpulan  penelitian ini adalah kemampuan anak dalam mengenal aspek bahasa melanjutkan cerita sederhana dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Talking Stick, Picture and picture dengan metode bercakap-cakap, bernyanyi dan dalam pengenalan pemberian tugas.

            Saran penelitian ini hasil , diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan kombinasi metode, model serta media yang dapat digunakan sebagai      alternative dalam mengembangkan aspek perkembangan anak usia dini agar tercapai hasil belajar yang optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI