DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SMA NEGERI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:MUTHMAINNAH
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-30


Kata Kunci : Rasa percaya diri dan kemampuan mengemukakan pendapat
Kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan terhadap kemampuan yang
ada pada diri sendiri, mempunyai kepercayaan diri yang baik sangat membantu
siswa untuk menjalin hubungan sosial dengan baik terhadap teman sebayanya
selain itu juga sangat membantu siswa untuk bisa berpartisipasi aktif didalam
proses pembelajaran, sehingga menjadikan kepercayaan diri merupakan faktor
penting untuk menunjang kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat saat
proses pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang : 1) bagaimana rasa
percaya diri siswa, 2) bagaimana kemampuan mengemukakan pendapat siswa
dalam pembelajaran PKn 3) apakah ada hubungan rasa percaya diri dengan
kemampuan mengemukakan pendapat
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini 372 siswa kelas X dan XI di SMAN 3 Banjarmasin
dengan sampel yang digunakan berjumlah 191 responden. Penetapan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan table Krejcie dan Morgan, populasi
372 (N) menjadi 191 (n). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner,
dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis uji korelasi
product moment
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil tingkat rasa percaya diri
siswa berdasarkan rata-rata analisis persentase sebesar 23.03% dalam kategori
kurang, kemudian kemampuan mengemukakan pendapat siswa berdasarkan ratarata
analisis persentase sebesar 23.56% dalam katagori kurang, sedangkan
korelasi rasa percaya diri dengan kemampuan mengemukakan pendapat
berdasarkan uji statistik menggunakan korelasi Product Moment diperoleh nilai
korelasi 0,664 ini termasuk tingkat hubungan korelasi yang kuat atau tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan untuk bisa meningkatkan
rasa percaya diri di harapkan agar siswa memulainya dari dalam diri sendiri yaitu
dengan menanamkan konsep diri yang positif terhadap diri sendiri, percaya akan
kemampuan diri, kemudian untuk bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam
mengemukakan pendapat di harapkan agar siswa melatih diri untuk berpartisipasi aktif
di dalam kelas dan memperbanyak wawasan dengan membaca buku sehingga
mempermudah dalam mengemukakan pendapat, sedangkan untuk bisa meningkatkan
hubungan rasa percaya diri dengan kemampuan mengemukakan pendapat
diharapkan agar siswa bisa memiliki rasa percaya diri yang proporsional supaya
meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI