DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LAPORAN PENELITIAN SKRIPSI MANAJEMEN OPERASI PENANGKAPAN PURSE SEINE DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) MUARA KINTAP KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:FERDI OETAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-04-10


ABSTRAK

Ferdi Oetaya. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Manajemen Operasi Penangkapan Purse Seine Di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Muara Kintap Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan dibawah bimbingan Eka Anto Supeni sebagai ketua pembimbing dan Siti Aminah sebagai anggota pembimbing.

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun perencanaan kegiatan kerja operasi penangkapan ikan dengan alat tangkap Purse Seine dan menganalisis keuntungan alat tangkap Purse Seine. Metode pengambilan data yang digunakan yaitu metode survey dan observasi langsung dilapangan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis keuntungan usaha dengan rumus π = TRTC. Hasil penelitian ini adalah perencanaan kegiatan yang dilakukan nelayan dalam operasi Purse Seine yaitu meliputi persiapan kapal, mesin kapal, alat tangkap, peralatan dan perlengkapan tambahan, serta perbekalan. Keuntungan merupakan kelebihan yang diperoleh dari seluruh penerima setelah dikurangi seluruh biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi. Keuntungan yang diperoleh nelayan yang dihitung menggunakan rumus π = Rp. 508.190.000 – Rp. 87.920.000 = Rp. 499. 398.000,-, sehingga dapat disimpulkan bahwasannya usaha perikanan menggunakan alat tangkap Purse Seine efisien dijalankan.

Kata Kunci : Perencanaan operasi alat tangkap, Purse Seine, keuntungan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI