DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SIKAPDANPERSEPSIPEDAGANGPENGUMPUL TERHADAPKEBERADAANSUBTERMINALAGRIBISNIS MUARATANIRAN (Studi Kasus :Desa MuaraTaniran Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu sungaiSelatan)
PENGARANG:MUHAMMADZAKIYAMANI
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-01-30


MUHAMMAD ZAKI YAMANI.dengan judul skripsi Sikap dan Persepsi

Pedagang Pengumpul terhadap Keberadaan Subterminal Agribisnis Muara Taniran (Studi Kasus : Muara Taniran Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan). Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Taufik Hidayat sebagai ketuapembimbingdan Ibu Luki Anjardiani sebagai anggotapembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap, persepsi dan harapan pedagang pengumpul terhadap keberadaan dari Subterminal Agribisnis Muara Taniran yangberlokasi di kecamatan AngkinangKabupatenHuluSungai Selatan. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juli sampai bulan November 2017 dilokasi Subterminal Agribisnis Muara Taniran Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari hasil wawancara langsung dengan pelaku kegiatan dilapangan melalui kuisioner yang sudah disiapkan. Data sekunder diperoleh melalui perpustakaan dan data-data dari dinas atau instansi yang terkait. Dalam penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah pedagang dan pengumpul sebayak 34 orang. Metode analisis yang digunakanadalahteknik penskalaanskalalinkert dan metodedeskriptif.

Sikap pedagang dan pengumpul di Sub Terminal Agribisnis Muara Taniran secara keseluruhan menyatakan sikap positif artinya Setuju terhadap keberadaan Sub Terminal Agribisnis Muara Taniran karena bermanfaat bagi para pelakukegiatan agribisnis dalam melakukankegiatanpemasaranhasil pertanian. Persepsi pedagang pengumpul terhadap keberadaan Subterminal Agribisnis, sampel di Subterminal Agribisnis (STA) rata-rata memberikan respon

 

 positif artinya kebermanfaatan dari keberadaan STA dirasakan oleh pedagang dan pengumpul terutama dalam hal memperlancar kegiatan pemasaran dan menuingkatkanefisiensi pemasaranhasil pertanian.

Harapan pedagang pengumpul terhadap keberadaan Subterminal Agribisnis (STA) Muara Taniran agar pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan dapat memperhatikan kondisi infrastruktur dan peraturan serta keberpihakan kepada pelaku agribisnis, dari segi pengelolaan manajemen, pengelolaan lahan, kepastian los kepada para pedagang, kepastian informasi dan yang paling penting adalahperemajaanlokasi menjadi lebihbaiklagi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI