DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PEMASARAN IKAN PATIN HASIL BUDIDAYA KOLAM DI DESA BASARANG KECAMATAN BASARANG KABUPATEN KAPUAS PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:DENI SUBEKTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-04-15


ABSTRAK

 

 

Deni Subekti. 1620727310002. Analisis Pemasaran Ikan Patin Hasil Budidaya Kolam di Desa Basarang Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah. Tesis. Program Pascasarjana Magister Ilmu Perikanan. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru. Dibawah Bimbingan (1) Emmy Sri Mahreda, dan (2) Emmy Lilimantik

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem pemasaran ikan patin hasil budidaya di Desa Basarang Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah. Analisis yang digunakan adalah (1) saluran pemasaran menggunakan metode snowball sampling, (2) farmer’s share, (3) margin pemasaran dan (4) struktur, perilaku dan penampilan pasar menggunakan analisis (a) integrasi pasar dan (b) elastisitas transmisi harga. Hasil analisis memperlihatkan bahwa (1) saluran pemasaran ikan patin terdiri dari 2 pola pemasaran, (2) bagian harga yang diterima produsen pada saluran pertama adalah 70,90% dan pada saluran kedua harga yang diterima produsen adalah 86,57%, (3) total margin pemasaran pada pola pemasaran 1 adalah 41,03% dan total margin pada pola pemasaran 2 adalah 15,51% dan (4) analisis struktur, perilaku dan penampilan pasar diketahui bahwa (a) hasil analisis integrasi pasar diperoleh nilai koefisien regresi (b) sebesar 0,083 yang menunjukkan bahwa struktur pasarnya adalah oligopsoni dan (b) hasil analisis elastisitas transmisi harga (h) pada pola 1 sebesar 0.059 dan pola 2 sebesar 0.072 yang artinya perubahan harga bersifat in elastis.

 

Kata kunci  :  Ikan Patin, Saluran Pemasaran, Margin, Farmer’s share, Integrasi Pasar dan Elastisitas Transmisi Harga

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI