DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMASARAN PISANG KEPOK (Musa paradisiaca formatypica) DI PASAR AGROBISNIS MODERN KECAMATAN BARABAI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:AYDA IRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-04-15


Abstrak.Kabupaten Hulu Sungai Tengah merupakan kabupaten penghasil pisang terbanyak pertama dibandingkanKabupaten lainnya. Kabupaten Hulu Sungai Tengah juga dapat memenuhi kebutuhan daerah sendiri hasil produksi pisang juga dapat  memenuhi kebutuhan untuk daerah lain, dimana Kabupaten  Hulu Sungai tengah menyumbang  sebanyak 45% hasil produksi pisang untuk Kalimantan Selatan. Pasar Agribisnis merupakan salah satu tempat yang memiliki pola saluran pemasaran yang cukup baik sehingga penelitian ini dilakukan dengan cara snowball sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara bergulir dimulai dari dari petani bergulir ke pedagang besar di Pasar Agrobisnis Modern Kecamatan Barabai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar biaya pemasaran, margin, keuntungan dan farmer's share dari pemasaran pisang kepok, mengetahui saluran pemasaran yang terjadi serta mengidentifikasi permasalahan pemasaran yang seringkali terjadi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data primer didapatkan secara langsung dari responden petani di Kecamatan Batang Alai Utara untuk selanjutnya bergulir ke pedagang di Pasar Agrobisnis Modern Kecamatan Barabai. Sedangkan data sekunder di dapatkan dari Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 4 saluran pemasaran, yaitu Saluran I (Petani-konsumen akhir di wilayah Desa Batu Tangga); Saluran II (Petani-Konsumen akhir di Pasar Agrobisnis Modern); Saluran III (Petani-Pedagang Pengumpul-Konsumen akhir); dan saluran IV (Petani-Pedagang Pengumpul-Pedagang Besar-Pedagang Pengecer-Konsumen Akhir). Total biaya pada saluran II sebesar Rp387,06- ; Saluran III Rp689,79,-; dan total biaya pada saluran IV sebesar Rp936,79,-. Margin total saluran II sebesar Rp1.065,- ; saluran III sebesar Rp3.815,- ; dan saluran IV sebesar Rp5.006,-. Keuntungan total saluran II sebesar Rp 677,94,- ; saluran III sebesar Rp3.125,21,- ; dan saluran IV sebesar Rp 4.069,21,-. Share petani saluran II 100%, selanjutnya saluran III 43,48%, dan saluran IV 36,96%.

Kata kunci: pisang kepok, pemasaran, share petani

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI