DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PILIHAN BERWIRAUSAHA PEMILIK RESTORAN NABIL'S CHICKEN DI JALAN HKSN KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:DIAN CAROLINA TUMANGKEN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-04-17


ABSTRAK

Dian Carolina Tumangken, 2019. Pilihan Berwirausaha Pemilik Restoran Nabil’s Chicken Di Jalan HKSN Kecamatan Banjarmasin Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Nasrullah, Pembimbing (II) Yuli Apriati.

 

Kata Kunci : Perilaku, Pilihan Rasional dan Kewirausahaan

 

Restoran Nabil’s Chicken di Jalan HKSN Kecamatan Banjarmasin Utara  merupakan pilihan usaha yang dijalankan dengan penerapan perilaku kewirausahaan oleh pemilik usahanya. Kewirausahaan merupakan suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (usaha). Perilaku manusia adalah sebagai suatu fungsi dari interaksi antara individu yang membawa tatanan dalam organisasi berupa kemampuan, kepercayaan pribadi, pengharapan, kebutuhan dan pengalaman masa lainnya dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Alasan pengusaha memilih berwirausaha dengan membangun restoran Nabil’s Chicken di tengah maraknya usaha yang sama yang berlokasi di Jalan HKSN Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin (2) Perilaku kewirausahaan pemilik restoran Nabil’s Chicken di Jalan HKSN Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data yang dipilih yaitu dengan cara purposive sampling dengan informan Masrani, Dahliana, Andready dan Anita. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Alasan pengusaha memilih berwirausaha adalah untuk mencapai tujuan melalui tindakan yakni tujuan untuk memperoleh laba dalam bentuk uang dan waktu, tujuan untukmemperoleh kebebasan dalam bentuk rasa nyaman, serta tujuan untuk memperoleh kepuasan hidup dalam bentuk wawasan yang bertambah dan tidak dirasakannya tekanan yang berarti; memilih sikap dengan perhitungan berbagai aspek serta membentuk ikatan sosial dengan pekerja dan pelanggan. (2) Perilaku kewirausahaan yang diterapkan pemilik usaha adalah motif berprestasi yang merupakan keinginan dari wirausaha sendiri agar mampu memiliki pengalaman di bidang usaha yang belum pernah dijalankan sebelumnya, berkomitmen terhadap tujuan serta mencari peluang dalam berbagai situasi. 

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada masyarakat agar dapat belajar mengenai kewirausahaan karena di samping dapat menerapkan kreativitas yang ada dalam diri, juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI