DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SOLIDARITAS ANTAR ANGGOTA PADA KELOMPOK SOSIAL WARIA PARIS BARANTAI DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:YULIKA AMELYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-04-17


ABSTRAK

Yulika Amelyani, 2020.Solidaritas Antar Anggota Pada Kelompok Sosial Waria Paris Barantai di Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Alfisyah, Pembimbing (II) Sigit Ruswinarsih.

Kata Kunci : Solidaritas, Kelompok Sosial, dan  Waria

            Kelompok waria adalah kelompok marginal, tentu sulit untuk para waria bisa bertahan di tengah masyarakat dengan kesulitan dan tekanan yang mereka hadapi. Para waria tergabung dalam komunitas waria di kota Banjarmasin, yang mana komunitas ini berbeda dengan komunitas lain pada umumnya. Mereka harus dapat bertahan di tengah masyarakat Banjarmasin yang mayoritasnya memeluk agama Islam yang terkenal taat dalam menjalankan kegiatan kegamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Tindakan bergabung Waria dalam komunitas Waria Paris Barantai Banjarmasin (2) Bentuk Solidaritas Waria dalam Kelompok Sosial Waria Paris Barantai Banjarmasin.

            Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data yang dipilih yaitu dengan purposive sampling dengan  waria yang lama bergabung dalam komunitas dan yang  baru, serta waria yang aktif dalam kegiatan komunitas Paris Barantai.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1)  Tindakan bergabung waria dalam komunitas Paris Barantai adalah tindakan rasionalitas instrumental, tindakan  dilakukan dipertimbangkan dengan sadar untuk mencapai tujuan. Tujuan untuk menjadi waria yang baik dan dapat merubah citra waria. Waria memiliki motivasi dalam bertindak untuk memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi, yaitu rasa aman, cinta kasih, memiliki dan dimiliki, penghargaan, aktualisasi diri dan indentitas diri. Menjadi bagian komunitas waria mendapatkan manfaat yaitu mengembangkan diri, mendapat pengetahuan,merubah citra waria, menjadi waria berkualitas, mendapat lapangan pekerjaan, dan mendapatkan keluarga baru. (2) Bentuk solidaritas komunitas waria yaitu solidaritas mekanik. Bentuk solidaritas mekanik dikomunitas ini karena  kesadaran kolektif dan kesamaan. Kesamaan untuk menjadi waria yang lebih baik dan merubah citra waria, menginginkan kehidupan yang lebih baik dan normal, sama minat untuk mengekspresikan diri sebagai wanita, dan memiliki keadaan yang sulit, dan nasib yang tidak bebas untuk melakukan segala hal. Waria selalu memelihara solidaritas dengan kegiatan rutin dan tidak rutin yang mereka lakukan.

            Berdasarkan penelitian ini, disarankan kepada waria untuk bisa selalu melakukan hal-hal positif dan tidak melakukan hal-hal negatif agar tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Dan untuk selalu menjaga solidaritas yang kuat antar anggota agar tidak terjadi perpecahan antar para anggota dalam komunitas Paris Barantai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI