DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MOTIVASI DAN FASILITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR DI SMK MUHAMMADIYAH 3 BANJARMASIN
PENGARANG:NUR IJATI JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-04-20


ABSTRAK

 

NUR IJATI JANNAH, 2019. Pengaruh Motivasi dan Fasilitas terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Rizali Hadi, MM. sebagai pembimbing I dan Melly Agustina Permatasari, M.Pd. sebagai pembimbing II).

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis pengaruh motivasi dan fasilitas terhadap hasil belajar siswa (2) menganalisis pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa (3) menganalisis pengaruh fasilitas terhadap hasil belajar siswa.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif asosiatif (korelasi)dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian terdiri dari 57 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk uji validitas dan reliabilitas, analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, regresi berganda, korelasi sederhana dan korelasi parsial.

Hasil penelitian menunjukkan, analisis deskriptif motivasi belajar sebesar 70,2% yang berada pada kategori sedang, fasilitas belajar sebesar 38,6% yang berada pada kategori sedang, hasil belajar sebesar 66,7% yang berada pada kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan hasil regresi sebesar 35,426 dengan p<0,01, dimana berkontribusi sebesar 56,7%, terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan nilai rxy sebesar 0,594 dengan p<0,01, terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan nilai rxy sebesar 0,643 dengan p<0,01.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI