DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Konsentrasi Belajar Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Tamban
PENGARANG:RIDHAUR RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-04-20


 

RAHMAN, RIDHAUR.2019.Pengaruh Penggunaan Media Audio Visualterhadap Konsentrasi Belajar Dalam Pembelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Tamban.Skipsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Dibawah bimbinganProf.Dr.Dwi Atmono,M.Pd,M.Si sebagai pembimbing I dan Muhammad Rahmattullah,M.Pd.sebagai pembimbing II).

 

Pembelajaran pada kurikulum 2013 menuntut guru untuk kreatif dalam mengimplementasikan metode, sumber belajar, dan media pembelajaran agar menarik bagi siswa. Salah satu jenis media pembelajaran yang dianggap menarik bagi siswa adalah media audio visual. media audio visual  adalah media pembelajaran yang mengkombinasikan media suara dan media gambar. Media audio visual diharapkan merangsang perhatian dan konsentrasi belajar siswa. Tujuan dalam kajian ini untuk memahami pengaruh penggunaan media audio visual terhadap konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi di SMAN 1 Tamban. Metode yang digunakan adala kuantitatif komparatif dan cara penetapan sampel adalah purposive sampling yang terdiri dari 33 siswa di kelas X IPS 1 (eksperimen) dan 33 siswa di kelas X IPS 2 (kontrol). kelas ekperimen menggunakan media audio visual dan kelas kontrol tanpa media audio visual. Variabel yang terdapat dalam penerilitian ini media audio visual (X) dan konsentrasi belajar (Y). analisis yang digunakan analisis angket dan amatan. Hasil penelitian diperoleh : (1) amatan gangguan konsentrasi kelas eksperimen lebih sedikit dibandingkan kelas kontrol (7:14). (2) amatan kesiapan dan keseriusan hanya terdapat perbedaan pada item keseriusan yaitu kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol (83:73). (3) amatan keaktifan siswa tidak terdapat perbedaan yang jauh antar eksperimen dan kontrol (13:10). (4) uji-t mengasilkan Nilai-t hitung 8.418 artinya lebih besar daripada t-tabel sebesar 1,66901 (t-hitung > t-tabel) pada taraf kesalahan 5%. Nilai signifikansi sebesar 0,00< 0,05 (Ha diterima) artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Maka penggunaan media audio visual berpengaruh positif terhadap konsentrasi belajar siswa.

 

 

  Kata kunci :Kurikulum 2013, Media Audio Visual, Konsentrasi Belajar, Pembelajaran Ekonomi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI