DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KERAGAAN SIFAT FISIKA PERAIRAN DI BADAN AIR LUBANG SISA BUKAAN AKHIR TAMBANG BATUBARA PT. ARUTMIN INDONESIA DI DESA ATA SELATAN KECAMATAN MENTEWE KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:MISBAHUDDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-04-20


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat fisika air pada lubang sisa bukaan akhir tambang batubara dilihat dari parameter fisika yaitu: Suhu, Kecerahan, Kedalaman, TSS. Analisis data dengan menggunakan metode STORET, mengetahui apakah sifat fisika air pada lubang sisa bukaan akhir tambang batubara di Desa Ata Selatan sesuai peruntukan kegiatan perikanan budidaya air tawar.

Hasil pengukuran mutu air metode STORET sesuai dengan ketetapan KepMenLH No.115 Tahun 2003, status mutu air pada lubang sisa bukaan akhir tambang batubara PT. Arutmin Indonesia di Desa Ata Selatan tergolong kelas A (baik sekali).

Hasil pengukuran di lapangan maupun di laboratorium yaitu parameter Suhu (28.00C - 33.10C), Kecerahan (70cm – 220cm), Kedalaman (115cm – 375cm), TSS (1mg/L – 9mg/L). Hasil analisis dengan menggunakan metode STORET yaitu stasiun I (0), stasiun II (0), dan stasiun III (0) hasil ini menunjukkan bahwa status mutu air pada lubang sisa bukaan akhir tambang batubara masuk kedalam kategori kelas A yaitu baik sekali.

 

Kata Kunci : Sifat Fisika Air, Lubang Sisa Bukaan Akhir Tambang, Ata Selatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI