DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Analisis Pemasaran Bunga Melati (Jasminum Sambac) di Desa Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar? | |
PENGARANG | : | HASNARIATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-04-21 |
Potensi sumberdaya bunga melati di Desa Jingah Habang Ilir cukup besar, peluang
usahanya sangat baik bagi penyerapan tenaga kerja dan peningkatan pendapatan petani. Penelitian ini
bertujuaan untuk mengetahui saluran pemasaran, mengetahui besarnya biaya, margin, keuntungan,
rasio keuntungan terhadap biaya, farmer’s share, efisiensi dan nilai tambah, serta menganalisis
strategi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga saluran pemasaran yaitu saluran I
(petani – pedagang pengecer) dengan petani yang terlibat sebanyak 4%, saluran II (petani – pedagang
pengumpul – pedagang pengecer) yang melibatkan petani sebanyak 44% dan saluran III (petani –
pedagang pengumpul – pedagang besar – pedagang pengecer) sebanyak 52% petani yang terlibat.
Total biaya pemasaran paling kecil, indeks efisiensi ekonomis dan teknis terkecil terdapat pada
saluran II. Total margin terendah, total keuntungan terbesar, rasio keuntungan terhadap biaya terbesar
dan farmer’s share paling besar ada pada saluran I. Nilai tambah terbesar ada produk paket pengantin
dan payung kembang. Strategi pemasaran bunga melati terdapat pada kuadran III yaitu strategi WO
(weaknesses and opportunities) dengan mengoptimalkan promosi agar bunga melati lebih dikenal lagi
dikalangan masyarakat secara luas dan inisiatif kredit untuk menambah modal agar dapat
meningkatkan produksi pada bunga melat
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI