DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita di SDN Semangat Dalam 2
PENGARANG:FATMA AIDILIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-04-24


Fatma Aidilia 2019. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita di SDN Semangat Dalam 2” Skripsi Program Studi Pendidikan Khusus Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Dosen Pembimbing (1) Bapak Utomo, M.Pd, (2) Ibu Septi Ariyanti, M.Pd.

 

Kata kunci : Pola Asuh, Motivasi Belajar, Siswa Tunagrahita

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan pola asuh orang tua. Keluarga adalah bagian yang paling kecil dari masyarakat. Namun pola asuh orang tua lah yang paling menentukan bagaimana masa depan anak  khususnya adalah dari segi motivasi belajar anak. Peneliti ingin mendeskripsikan bagaimana pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa tunarungu di SD Negeri Semangat Dalam 2.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan jenis penelitian korelasional. Pada penelitian ini yang menjadi informan adalah orang tua siswa tunagrahita di SD Negeri Semangat Dalam 2. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Orang tua dari Siswa Tunagrahita merupakan instrumen utama dalam penelitian dengan dibantu pedoman kuesioner. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah Korelasi Rank Spearman. Teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah trianggulasi sumber.

Setelah penelitian ini dianalisis, diperolehlah hasil yaitu, signifikansi hubungan diperoleh angka koefisien sebesar 0,016, artinya lebih kecil dibandingkan 0,05 itu berarti memiliki hubungan yang signifikan. Kekuatan hubungan, diperoleh angka koefisien  sebesar 0,734, artinya memiliki kekuatan hubungan yang kuat. Arah hubungan, diperoleh hasil yang positif, artinya memiliki arah hubungan yang bersifat searah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: adanya signifikansi, memiliki tingkat kekuatan hubungan yang kuat dan  arah hubungan dari dua variabel yaitu pola asuh orang tua dan motivasi belajar siswa tunagrahita di SD Negeri Semangat Dalam 2 berkorelasi ataupun mempunyai hubungan yang searah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI