DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Penurunan Perilaku Impulsif Pada Anak ADHD
PENGARANG:Lisa Listiana
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-09-29


ABSTRAK

Lisa Listiana. 2017. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Penurunan Perilaku Impulsif Pada Anak ADHD. Skripsi. program S1 Pendidikan luar biasa. Fakultas ilmu keguruan dan pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat : Dr. H. Hamsi Mansur, M.MPd, dan Pembimbing II : Fatimatuz Zahro

Kata Kunci : Media Audio Visual, Perilaku Impulsif, ADHD

Penelitian ini adalah tentang anak yang mengalami gabgguan perilaku impulsif pada anak ADHD dengan gangguan perilaku impulsif pada anak ADHD. Fakta dilapangan anak ADHD dengan gangguan perilaku impulsif memiliki perilaku yang tidak sabaran dengan perilaku suka memukul dan merusak benda seperti meja, kursi, maupun kipas angin, penelitian terdahulu mengungkapkan bahwa media audio visual dapat menurunkan perilaku impulsif pada anak ADHD. sesuai dengan permasalahan di atas maka penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media audio visual terhadap penurunan perilaku impulsif pada anak ADHD.

metode penelitian ini adalah metode SSR (Single Subject Risert) dsain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain A-B-A dengan satu perilaku yang diteliti. adapun sistem pencatatan datanya menggunakan durasi. desain A-B-A memiliki 3 tahap yaitu tahap Baseline 1 (A1), tahap intervensi (B), dan tahap Baseline 2 (A2). Tahap baseline 1 (A1) sebagai data awal yakni sebelum adanya treatmen atau perlakuan,tahap intervensi (B) dengan menggunakan media audiovisual, tahap baseline 2 (A2) kembali tanpa adanya treatment / perlakuan. sebjekl pada penelitian ini adalah satu orang anak ADHD dengan satu target behavior yang akan dianalisis yaitu durasi ketenangan anak. tekhnis analisis data menggunakan analisis statistikdeskriptif.

hasil penelitian menunjukan bahwa media audio visual dapat menurunkan perilaku impulsif dengan meningkatnya durasi waktu ketenangan anak ADHD. peningkatan perilaku ketenangan dapat dilihat dari meningkatnya durasi waktu dari 1 menit sampai 15 menit. hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media audio visual terhadap penurunan perilaku impulsif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI