DIGITAL LIBRARY



JUDUL:BENTUK PENTAJIAN MUSIK YEL-YEL ANTHEM SUPORTER BARITOMANIA KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:Diyat Suhaja Darma
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-05-01


 

 ABSTRAK

 

Suhaja, Darma Diyat. 2019. Bentuk Penyajian Musik Yel-Yel Anthem Suporter Barito Mania Kalimantan Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sendratasik, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : (I) Maryanto, M. Sn (II) Muhammad Najamudin, M. Pd

 

Kata Kunci : Bentuk Penyajian, Musik Yel-Yel Anthem, Suporter Barito Mania

 

            Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan bentuk penyajian musik yel-yel Anthem suporter Barito Mania belum memiliki bentuk penyajian yang ideal sehingga mengakibatkan kurangnya ruang gerak para pemain instrumen dan mengganggu komunikasi antara pemain instrumen dan drijen yang memimpin jalannya lagu atau yel-yel. Peneliti menggambarkan bagaimana bentuk penyajian, dan fungsi dari musik yel-yel anthem dan peneliti mendeskripsikan bentuk penyajia dan mendeskripsikan fungsi Musik yel-yel Anthem suporter Barito Mania. Peranan musik dalam bidang olah raga yang memiliki fungsi sebagai persembahan simbolis, sebagai srana komunikasi, sebagai wujud integeritas dan identitas yang sangat mempengaruhijiwa dan mental. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi guna menguji kebenaran data 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan data dan verifikasi data.

 

            Penelirian dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan, Musik yel-yel Anthem dinyanyikan di akhir pertandingan. Suporter pendukung tim P.S Barito Putera ada beberapa aliansi yaitu Barito Mania, Ultras 1988, N.D.Y.B, Sobuntut. Lagu anthem dipercaya dapat mental, adapun yel-yel yang dinyanyikan sebelum yel-yel Anthem dinyanyikan antaralain adalah Baritoku, Dari waktu keweaktu, Kami barito mania, Kuning kami ini. Yel-yel Antem diiringi oleh beberapa instrumen perkusi antaralain Snare Drum, Quentom dan Bass Drum. Bentukdari lagu dari yel-yel Anthem memiliki dua bagian.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI