DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGETAHUAN WAJIB PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK, PROGRAM SAMSAT CORNER DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus WP PKB di SAMSAT Corner Duta Mall Banjarmasin)
PENGARANG:ANDI AHMAD KHAFIDZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-05-06


Andi Ahmad Khafidzi (2020). “Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Program SAMSAT Corner, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. (Studi Kasus WP PKB di SAMSAT Corner Duta Mall Banjarmasin)”. Pembimbing: Ayu Oktaviani, SE, M.Si, Ak, CA.

            Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor; untuk menguji dan menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor; untuk menguji dan menganalisis pengaruh program SAMSAT corner terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor; untuk menguji dan menganalisis pengaruh sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor.

            Populasi penelitian ini adalah wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di UPPD Banjarmasin I dan UPPD Banjarmasin II, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 wajib pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner. Pengujian kualitas data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan koefisien determinasi (R2).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, hal ini dibuktikan dengan tingkat signfikansi 0,018 < 0,05. Kesadaran wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0,018 < 0,05. Program SAMSAT corner tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0,278 > 0,05. Sanksi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0,180 > 0,05.

 

Kata Kunci: Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor, Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Program SAMSAT Corner, dan Sanksi Pajak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI