DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Sifat Fisik dan Kimia Asap Cair Kayu Akasia Daun Kecil (Acacia auriculiformis) Berdasarkan Masa Simpan
PENGARANG:MIFTAHUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-05-06


Miftahul Jannah, Analisis Sifat Fisik dan Kimia Asap Cair Kayu Akasia Daun Kecil (Acacia auriculiormis) Berdasarkan Masa Simpan di bimbing oleh Hj. Ir. Henny Arryati M.P. dan Dr. Trisnu Satriadi S.Hut, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas sifat fisik asap cair kayu akasia daun kecil (Acacia auriculiformis) berdasarkan masa simpan dan mengetahui kualitas sifat kimia asap cair kayu Akasia daun kecil (Acacia auriculiformis) berdasarkan masa simpan.

Parameter uji sifat fisik asap cair seperti kadar air, transparansi, bau, warna, dan pH dibandingkan dengan standar kualitas asap cair asal Jepang dan pengujian komponen sifat kimia asap cair untuk mengetahui golongan senyawa yang terdapat pada asap cair kayu Akasia daun kecil seperti asam asetat, alkohol, fenol, furan dan karbonil.

Parameter uji yang hampir memenuhi standar asal Jepang pada masa simpan 3 bulan pada semua masa simpan, bau yang dihasilkan khas asap cair pH 3,29 transparansi 0,03 warna yang dihasilkan coklat dan kadar air yang dihasilkan dari pengujian tersebut 94,87. Komponen sifat kimia asap cair golongan asam asetat pada masa simpan 1 bulan 69,52 terdapat 1 jumlah senyawa, masa simpan 2 82,90 terdapat 3 senyawa dan masa simpan 3 bulan 20,30 terdapat 2 senyawa. Golongan alkohol masa simpan 1 14,82 terdapat 2 senyawa, masa simpan 2 bulan 1,05 terdapat 1 senyawa dan masa simpan 3 bulan 57,39 terdapat 1 senyawa. 

Katakunci: Asap cair, kayu akasia daun kecil, masa simpan, kadar air, bau, pH, transparansi, asam asetat, alkohol

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI