DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PASAR KALINDO 1993 - 2013 (KAJIAN EKONOMI ETNIS MADURA BANJARMASIN)
PENGARANG:M. ZAINAL ALAM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-05-07


ABSTRAK

M. Zainal Alam 2019. Pasar Kalindo Tahun 1993 – 2013 (Kajian Ekonomi Etnis Madura Banjarmasin), Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin (Pembimbing I Dr. Bambang Subiyakto, M. Hum. dan Pembimbing II Dr. Syaharuddin, S. Pd., M.A.)

Di Kelurahan Kuin Cerucuk terdapat tiga pasar besar yang dibangun oleh pemerintah dan swasta yaitu Pasar Tungging, Pasar Pasir Mas, dan Pasar Kalindo. Keberadaan Pasar Kalindo sangat penting bagi masyarakat Banjarmasin. Kemajuan perekonomian etnis Madura di sekitar Pasar Kalindo tidak luput dari pengaruh etnis Banjar yang ada di Kelurahan Kuin Cerucuk, Banjarmasin. Masyarakat di Kelurahan Kuin Cerucuk menjaga kerukunan. Rumusan masalah penelitian yakni pertama tentang permasalahan yang dihadapi oleh para pedagang yang berasal dari etnis Madura di Pasar Kalindo Banjarmasin. Kedua adanya perkembangan sosial-ekonomi di Pasar Kalindo dan Kel. Kuin Cerucuk. Ketiga faktor yang mempengaruhi eksistensi etnis Madura di Pasar Kalindo dari tahun 1993 sampai 2013.

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui tentang permasalahan yang dihadapi oleh para pedagang yang berasal dari etnis Madura di Pasar Kalindo Banjarmasin. Kedua mengetahui perkembangan sosial-ekonomi di Pasar Kalindo dan Kel. Kuin Cerucuk. Ketiga mengetahui faktor yang mempengaruhi eksistensi etnis Madura di Pasar Kalindo dari tahun 1993 sampai 2013. Penelitian ini dilakukan dengan metode sejarah melalui empat tahap, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Sumber data terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer penulis dapatkan secara langsung dari narasumber yang relevan sesuai dengan obyek yang diteliti dan sumber sekunder didapatkan dari perpustakaan berupa buku-buku, arsip daerah, dan internet.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnis Madura yang bermukim di Kelurahan Kuin Cerucuk dipengaruhi oleh pembangungan Pasar Kalindo. Mereka menggabungkan budaya asal dengan budaya masyarakat Banjar. Kehidupan sosial-ekonomi etnis Madura di sekitar Pasar Kalindo mengalami perkembangan yang lebih baik seperti kerjsama dengan etnis yang lain, tidak ada konflik yang besar, terjadi peningkatan penghasilan, dan usaha yang mereka geluti.

Kesimpulan bahwa kehidupan sosial-ekonomi etnis Madura di sekitar Pasar Kalindo adalah hasil dari cara mereka berinteraksi dan keulutan mereka dalam bekerja. Mereka dipanding baik oleh etnis yang lainnya. Mereka saling membantu satu sama lainnya, saling saling menghormati dan tolong menolong.

                                                                                                            

Kata Kunci : Pasar Kalindo, Ekonomi, Etnis Madura

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI