DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aspek Sosial Budaya Suku Toraja dalam Novel Puya Ke Puya Karya Faisal Oddang
PENGARANG:SEPRIANUS ENSEN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-05-08


 

Ensen, Seprianus. 2019. Refleksi Sosial Budaya dalam Novel Puya ke Puya Karya Faisal

 

Oddang. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. H. Zulkifli, M.Pd,; (II) Dr. H. Moh. Fatah Yasin, M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci: aspek sosial, aspek budaya, suku Toraja, novel

 

 

 

            Puya ke Puya Merupakan sebuah novel yang berlatar belakang budaya Toraja septutar ritual pemakan dan perjalanan kehidupan manusia di dunia selanjutnya yang unik dan layak untuk dibahas, selain itu novel ini juga merupakan karya yang mumpuni karena mendapat penghargaan dan apresiasi dari beberapa sastrawan. Dari hal tersebut maka penelitian ini diangkat dengan judul “ Refleki Sosial Budaya Suku Toraja dalam Novel Puya ke Puya Karya Faisal Oddang”.

 

Penelitian ini akan dipaparkan mengenai aspek sosial, aspek budaya dan aspek individu suku Toraja yang terdapat dalam novel Puyak ke Puya. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra, adapun objek penelitian ini adalah novel yang berjudul “Puya ke Puya” karya Faisal Odang dengan fokus penelitian ini adalah aspek sosial budaya suku Toraja. Data dan sumber data yang dijadikan sebagai objek penelitian ini adalah data yang berupa kata, kalimat, dan wacana yang ada di dalam novel Puya ke Puya karya Faisal Oddang.

 

            Penelitian ini memadukan telaah sosiologi sastra dan antropologi sastra. Dengan penggabungan pendekatan tersebut diperoleh deskripsi data aspek sosial budaya masyarakat Toraja. Data-data yang diperoleh dianilisis dengan menggunkan model teknik analisis data yang dikembangkan oleh Tallcot Parson.

 

            Aspek sosial suku Toraja yang terdapat dalam novel Puya ke Puya karya Faisal Oddang meliputi sistem ekonomi seperti mata pencarian, sistem pemerintahan dan sistem komunitas kemasyarakatan seperti strata sosial. sementara itu untuk Aspek budaya budaya suku Toraja meliputi sistem kepercayaan, mitos, kebudayaan. Kemudian aspek individu menguraikan aspek individu dengan meninjau tokoh dalam novel.

 

            Dari hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa dalam aspek sosial budaya di Toraja dalam novel Puya ke Puya  menunjukkan bahwa sistem mata pencarian yang dominan adalah dari sektor pertanian dan peternakan, sebab kedua sektor tersebut berpengaruh besar dalam kehidupan sosial dan budaya masyarakat Toraja, kemudian dari segi pemerintahan masyarkat Toraja mempunyai komunitas adat yang dipimpin oleh Pennuluan, dan yang terakhir adalah sistem kasta di Toraja tersusun atas empat kasta yang menjadi dasar dari segala pelaksanaan kehidupan berbudaya di Toraja. Gambaran selajutnya adalah dari segi aspek budaya yang menunjukkan bahwa di Toraja terdapat sistem kepercayaan yang disebut Aluk Todolo yang merupakan landasan dari kebudayaan yang ada di Toraja, seperti dua ritual besar yakni Rambu Tuka’ atau upacara kegembiraan dan Rambu solo’ sebagai upacara duka cita. Dan yang terakhir bahwa dalam novel tersebut menujukkan mengenai aspek individu masyarakat suku Toraja yang pada umumnya masih terikat oleh budaya dan sosial.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI