DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Dengan Senam Fantasi Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas V/C1 di SLB Negeri 1 Pelaihari
PENGARANG:RIANA AISYA NURHALIZA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-05-20


 

ABSTRAK

 

Riana Aisya Nurhaiza. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Dengan Senam Fantasi Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas V/C1 Di SLB Negeri 1 Pelaihari. Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Khusus Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: H. Fauzul Adhim, M.Pd ; Pembimbing II: Machmud Fauzi, M.Pd

 

 

 

Kata Kunci  :  Motorik Kasar, Senam Fantasi, Anak Tunagrahita Sedang.

 

 

 

Penelitian ini didasarkan oleh adanya hambatan dalam kemampuan gerak motorik kasar pada anak tunagrahita sedang, anak yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah anak tunagrahita sedang kelas V/C1 yang bersekolah di SLB Negeri 1 Pelaihari. Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan, terlihat kurangnya kemampuan gerak motorik kasar pada anak saat melakukan berbagai aktivitas gerak terutama dalam menjaga keseimbangan tubuh. Jadi peneliti berminat untuk memberikan latihan gerak motorik kasar dengan senam fantasi.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian SSR (Singel Subject Reseach). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain A-B-A yang menunjukan hubungan fungsional antara variabel terikat dan variabel bebas.. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita sedang kelas V/C1 di SDLB Negeri 1 Pelaihari. Teknik pencatatan data menggunakan pencatatan dengan observasi langsung dan dokumentasi serta teknik analisis datanya menggunakan analisis kondisi dan antar kondisi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran senam fantasi dapat  meningkatkan kemampuan motorik kasar anak yang dapat dilihat dari mean level kemampuan motorik kasar anak tunagrahita pada tahap A1 54,3%, mean level B 65,8% dan mean level A2 74,6%. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh bahwa terlihat adanya pengaruh yang positif terhadap pembelajaran gerak dengan senam fantasi untuk anak tunagrahita sedang kelas V/C1 di SLB Negeri 1 Pelaihari.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI