DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Prasarana Ruang Perawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSD Idaman Kota Banjarbaru
PENGARANG:YULIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-05-22


 

Latar Belakang: Kepuasan pasien digunakan sebagai evaluasi di rumah sakit terutama pada proses perawatan. Rendahnya kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya prasarana ruang perawatan. Kurang baiknya prasarana ruang perawatan di ruang rawat inap dapat menurunkan tingkat kepuasan pasien selama pasien menjalani perawatan di rumah sakit. 

Tujuan: Mengetahui hubungan prasarana ruang perawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian analisis korelasi dengan pendekatan penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 134 responden memakai teknik  purposive sampling menggunakan kuesioner. Uji analisis menggunakan uji korelasi Spearman.

Hasil: Hasil penelitian ini mendapatkan hasil rata-rata prasarana ruang perawatan sebesar 69,87 dan hasil rata-rata dari tingkat kepuasan pasien sebesar 70,97. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya hubungan antara prasarana ruang perawatan dengan tingkat kepuasan pasien di instalasi rawat inap RSD Idaman Kota Banjarbaru ke arah yang positif (p-value = 0,000; r= 0,370).

Diskusi: Prasarana ruang perawatan dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien dengan begitu rumah sakit dapat meningkatkan prasarana yang ada sehingga kepuasan pasien dapat mencapai nilai standar minimum yang sudah ditetapkan.

Kata-kata Kunci: prasarana ruang perawatan, tingkat kepuasan pasien, pasien

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI