DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA dengan Setting Multimodel untuk Melatih Kemampuan 5M Siswa Topik Pengukuran
PENGARANG:Chandra Maulana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-05-26


Belum tersedianya bahan ajar yang secara khusus melatihkan kemampuan 5M siswa di SMAN 1 Kapuas Timur melatar belakangi dilakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar fisika SMA dengan setting multimodel untuk melatih kemampuan 5M siswa topik pengukuran. Tujuan penelitian ini mengembangkan bahan ajar serta menguji kelayakan penggunaannya, sehingga secara khusus dapat dirumuskan tujuan yaitu menghasilkan (1) validitas bahan ajar, (2) kepraktisan bahan ajar, (3) efektivitas bahan ajar, dan (4) kemampuan 5M yang dilatihkan. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA-1 SMA Negeri 1 Kapuas Timur. Data diperoleh melalui lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP dan kemampuan 5M, dan hasil belajar dari THB. Data validitas, keterlaksanaan RPP, dan keterlaksanaan 5M dianalisis dengan mengambil nilai rerata, didukung dengan persamaan alpha cronbach untuk mengetahui reliabilitasnya, serta hasil belajar dianalisis menggunakan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validitas bahan ajar meliputi RPP, LKS, materi ajar, dan THB berkategori baik, (2) kepraktisan bahan ajar berdasarkan keterlaksanaan RPP berkategori sangat baik, (3) efektivitas bahan ajar berdasarkan gain score berkategori rendah, dan (4) kemampuan 5M yang semakin meningkat dengan berkategori baik. Simpulan penelitian yaitu bahan ajar fisika SMA yang dengan setting multimodel untuk melatihkan kemampuan 5M siswa pada topik pengukuran dikembangkan belum layak untuk digunakan karena masih memerlukan revisi.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI