DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:FERENNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-05-26


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran teks eksposisi peserta didik kelas VIII SMPN 5 Banjarmasin. Ditinjau dari  pembelajaran yang dilakukan pendidik dan peserta didik di kelas seperti perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini silabus dan RPP serta perencanaan, pelaksanaan, dan penialaian dalam pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kegiatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dan peserta didik. Data dalam penelitian ini silabus dan RPP serta perencanaan, pelaksanaan, dan penialaian dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik melakukan pembelajaran teks eksposisi meliputi, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian. Pada perencanaan pembelajaran pendidik membuat rencana pelaksanaan yaitu RPP, pelaksanaan pembelajaran kegaiatan yang dilakukan pendidik dan peserta didik menggunakan RPP yang telah di buat pendidik walaupun saat pembelajaran berlangsung ada yang tidak sesuai dengan RPP, dan pendidik mendemonstrasikan pembelajaran dan materi kepada peserta didik, pendidik berusaha menjelaskan materi atau pokok bahasan dengan memanfaatkan media yang digunakan. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Dari nilai 6 kelompok tersebut masih ada yang belum mencapai KKM yaitu 70 seperti kelompok 3 mereka hanya mendapat nilai 60 karena mereka masih belum memahami tentang kaidah kebahasaan teks eksposisi. Simpulan dari penelitian ini pendidik dapat melakukan pembelajaran sesuai dengan perencanaan dan kurikulum, dan sesuai dengan indikator.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI