DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS IV-C MELALUI METODE LATIHAN ARTIKULASI DI SLB B/C PARAMITA GRAHA BANJARMASIN
PENGARANG:NOROCTAVIA LUSIANA DEWI
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-09-29


Kata Kunci : Latihan Artikulasi, Bahasa Ekspresif, Anak Tunagrahita.


Penelitian ini adalah tentang anak yang mengalami hambatan bahasa
ekspresif pada anak Tunagrahita di SLB B/C Paramita Graha Banjarmasin.
Fakta di lapangan anak Tunagrahita dengan hambatan bahasa ekspresif memiliki
kemampuan bahasa yang kurang baik seperti kata yang diucapkan oleh anak
tidak jelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa
ekspresif pada anak tunagrahita sedang kelas IV-C melalui metode latihan
artikulasi di SLB B/C Paramita Graha Banjarmasin.
Metode penelitian ini adalah metode SSR
(Sigle Subject Reseach).
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain A-B-A dengan satu
hambatan yang diteliti. Sistem pencatatan data menggunakan presentase. Desain
A-B-A memliki tiga tahap yaitu tahap
baseline 1 (A1), tahap intervensi (B), dan
tahap
baseline 2 (A2). Tahap baseline 1 (A1) sebagai data awal yakni sebelum
adanya
treatment atau perlakuan, tahap intervensi (B) dengan melakukan latihan
artikulasi, tahap
baseline 2 (A2) kembali tanpa adanya treatment atau perlakuan.
Subjek pada penelitian ini adalah satu orang anak tunagrahita di SLB B/C
Paramita Graha Banjarmasin berinisial A.P. dengan 1 target behavior yang akan
dianalisis yaitu bahasa ekspresif. Teknik analisis data menggunakan analisis
dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode latihan artikulasi dapat
meningkatkan bahasa ekspresif dengan meningkatnya kemampuan
mengucapkan kata pada anak. Peningkatan bahasa ekspresif dapat dilihat dari
presentase kemampuan mengucapkan kata anak dari 30% menjadi 80%. Hal ini
dapat disimpulkan bahwa metode latihan artikulasi dapat meningkatkan bahasa
ekspresif anak tunagrahita. Metode latihan artikulasi menjadi pilihan yang tepat
untuk meningkatkan bahasa ekspresif pada anak tunagrahita ataupun anak yang
mengalami hambatan dalam bahasa. Latihan artikulasi mampu menjadi tindakan
yang mudah dan dapat dilakukan setiap hari, dilakukan sendiri maupun dengan
bantuan orang lain agar kemampuan bahasa ekspresif pada anak dapat
meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI